Olahan Tepung Mocaf TP PKK Sukoharjo Raih Juara I Lomba Kreasi Olahan Pangan Lokal 2024

Rabu, 01 Mei 2024 20:52 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

lomba masak.jpg
Olahan Tepung Mocaf TP PKK Sukoharjo Raih Juara I Lomba Kreasi Olahan Pangan Lokal 2024 (dok. jatengprov.go.id)

Semarang, Jatengaja.com - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sukoharjo menjadi Juara I ajang Lomba Kreasi Olahan Pangan Lokal 2024 tingkat Jawa Tengah. 

Juara itu diraih setelah olehan menu floss roll tepung mocaf, nori daun kelor, kimbab talas, dan lapis tahu karya Citra Dwi Wahyuni dan Sumartini dari TP PKK Kabupaten Sukoharjo mengalahkan peserta lainnya.

Sebagai juara I, maka TPP PKK Kabupaten Sukoharjo akan mewakili Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dalam lomba serupa pada Jambore Nasional PKK di Solo yang akan digelar medio Mei 2024.

Citra Dwi Wahyuni menyatakan, tidak menyangka hasil kreasinya bisa meraih juara pertama, karena 33 peserta dari kabupaten dan kota di Jateng juga memiliki kreasi menu yang apik.

“Kami menggunakan produk-produk lokal yang biasanya ditemui sehari-hari. Ada tepung mocaf (modified cassava flour) yang dibikin floss roll diberi mayonaise dan abon, kimbab talas menggunakan nori dari daun kelor, lapis tahu dengan daun waluh dibuat seperti rolade berlapis lapis,” jelasnya seusai menerima piala juara I di Balai Sasana Widya Praja, BPSDMD Jateng, Selasa 30 April 2024 dilansir dari jatengprov.go.id.

Menurut Citra cara membuat kudapan kaya gizi seperti itu tidak mahal. Per menu, cukup merogoh Rp25 ribu sudah bisa mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein hewani dan nabati.

Citra mengaku, akan fokus mempersiapkan diri menuju ajang nasional. Ia akan menyuguhkan makanan secara maksimal.

“Ya kita akan berusaha semaksimal mungkin. Tidak mau over percaya diri, insya Allah siap,” tuturnya . (-)