Kalahkan Thailand, Timnas Indonesia U 19 Raih Juara ASEAN U 19 Boys Championship 2024

Selasa, 30 Juli 2024 13:49 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

bal juara.jpg
Kalahkan Thailand, Timnas Indonesia U 19 Sukses Raih Juara ASEAN U 19 Boys Championship 2024 . (dok.pssi.org)

Surabaya, Jatengaja.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U 19 sukses meraih juara ajang ASEAN U 19 Boys Championship 2024 setelah mengalahkan  pasukan muda Thailand.

Pada pertandingan babak final,  Timnas Indonesia U19 berhasil menumbangkan Thailand dengan skor tipis 1-0 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya Jawa Timur, Senin (29/7/2024).

Satu-satunya gol dari skuad Garuda Nusantara, dicetak Jens Raven, pada menit ke-18 setelah mendapatkan umpan dari Kafiatur di tendangan sudut, yang sebelumnya juga mengenai kepala dari Kadek Arel.

Perjalanan Garuda Nusantara yang dibesut pelatih Indra Sjafri pada ajang ASEAN U 19 Boys Championship 2024 cukup baik dengan meraih semua kemenangan dari fase awal grup. 

Menyapu bersih kemenangan di fase grup, menang melawan Filipina 6-0, tumbangkan Kamboja 2-0 dan menang 6-2 di laga terakhir grup A melawan Timor Leste. Di semifinal, Indonesia juga mencetak skor identik saat bertemu Malaysia.

“Saya mengucapkan puji dan syukur kepada Allah, karena tahun kemarin ada medali emas SEA Games 2023, tahun ini 2024, ada Piala AFF U-19. Ini menjadi motivasi saya agar berbuat yang lebih baik lagi,” kata Indra pada sesi jumpa pers usai laga dilansir pssi.org.

Indra menyatakan trofi dan medali ASEAN U 19 Boys Championship 2024 untuk para pemain yang telah berusaha, bekerja keras, di mana tim ini dipersiapkan lebih kurang tujuh bulan dari mulai Januari lalu. 

“Menjadi juara AFF ini menjadi modal baik kita untuk bisa lebih percaya diri lagi agar lolos ke Piala Asia. Kami sangat yakin,” tandasnya.

Sementara, pencetak gol tunggal Timnas Indonesia U 19, Jens Raven mengatakan, sangat luar biasa, bisa cetak gol di final, di tengah stadion dukungan ribuan penonton yang memadatio Stadion Gelora Bung Tomo.

“Saya senang bisa bisa menang di hadapan para fans. Menjadi juara, sungguh momen yang sangat emosional bagi saya. Ini adalah turnamen resmi pertama saya bersama Indonesia,” katanya.

Selain menjadi juara ASEAN U 19 Boys Championship 2024, Garuda Nusantara juga sukses menyabet gelar kiper terbaik diraih Ikram Algiffari dan pemain terbaik diraih Dony Tri Pamungkas. (-)