Jalin Kolaborasi, BPR Arto Moro Perkuat Intermediasi

Jumat, 21 Juli 2023 19:55 WIB

Penulis:Sulistya

Editor:Sulistya

21 artomoro.jpeg
Puncak acara HUT ke-115 Ikatan Notaris Indonesia (INI) diselenggarakan di Pendopo BPR Arto Moro, Jl Elang Raya No 99 Kota Semarang.

Semarang, Jatengaja.com - Kinerja perbankan hingga kuartal II/2022 berjalan dengan optimal. Fungsi intermediasi perbankan tumbuh dngan sangat baik dan indikator-indikator kinerja perbankan menunjukkan grafik dalam kondisi sehat. 

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, hingga triwulan I-2023, penyaluran kredit perbankan tumbuh sebesar Rp6,4 triliun atau tumbuh sebesar 9,93% (yoy). Pertumbuhan kredit ini ditopang oleh kredit investasi, kredit modal kerja dan kredit konsumsi. Sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh sebesar 7% menjadi Rp8 triliun.

Kredit perbankan terus diupayakan agar umbuh berkelanjutan dengan tetap memperhatikan aspek prudent (kehati-hatian) dalam pengelolaan manajemen risikonya. Salah satu upaya mitigasi resiko penyaluran kredit perbankan adalah melalui penguatan legalitas jaminan yang melibatkan kerja sama dengan Notaris dan PPAT terkait pembuatan Akta Notariil perjanjian kredit maupun pendaftaran Sertifikat Hak Tanggungan.

Dalam upaya untuk mempererat kerja sama antara industri perbankan dengan profesi Notaris, BPR Arto Moro bekerjasama dengan Pengurus Daerah Semarang Ikatan Notaris Indonesia (Pengda Kota Semarang INI) menyelenggarakan Puncak Acara Peringatan HUT Ikatan Notaris Indonesia ke-115 di Pendopo Kantor Pusat BPR Arto Moro, Jalan Elang Raya No. 99 Mangunharjo, Tembalang, Kota Semarang.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Pengda Kota Semarang INI– IPPAT, Dr Mohammad Hafidh SH MKn beserta jajaran, para Werdha Notaris-PPAT, penasehat INI-IPPAT Kota Semarang, dan seluruh anggota Notaris- PPAT Kota Semarang. 

Hadir pula mantan Ketua Pengda INI Kota Semarang, Prof Dr Liliana Tedjasaputro SH MH, mantan Ketua Pengwil IPPAT Jawa Tengah, Hari Bagyo SH MHum, mantan Ketua Pengwil Jateng INI, Suyanto SH.

Acara perayaan HUT INI ke-115 tersebut dimulai pada pukul 08.00 hingga pukul 13.00 WIB. Bertempat di Pendopo dan Garden Park BPR Arto Moro, digelar serangkaian acara untuk memeriahkan perayaan HUT INI, yaitu antara lain lomba pembuatan tumpeng, pentas seni, dan lomba devile seluruh anggota Pengda Kota Semarang INI.

Darmawan SSos, Direktur Utama BPR Arto Moro mengatakan, pihaknya merasa senang dipercaya menjadi tuan rumah Puncak acara perayaan HUT INI Ke-115 Pengda Kota Semarang Ikatan Notaris Indonesia (INI).

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pengda Kota Semarang INI untuk berkenan menggelar puncak perayaan Ulang Tahun HUT INI ke-115 di Pendopo BPR Arto Moro. Semoga hubungan baik yang terbina ini akan terus berlanjut di waktu mendatang. Notaris adalah salah satu stakeholder kami yang sangat berperan penting dalam proses mitigasi resiko dan penerapan prinsip prudent dalam proses penyaluran kedit perbankan,” ucap Darmawan.

Dalam rangka memperkuat fungsi intermediasi perbankan, BPR Arto Moro terus berkomitmen untuk mendukung dan berkolaborasi dengan organisasi, komunitas ataupun club yang hendak menggunakan Pendopo dan venue BPR Arto Moro untuk menggelar acara atau kegiatan. Sebelum Pengda Kota Semarang INI, BPR Arto Moro juga mendukung Komunitas Jeep Wrangler Owner (JWO) dan Semarang Fortuner Community (SFC) menggelar acaranya di kantor pusat BPR Arto Moro.

Pelatihan Karyawan

“Selain dengan terus meningkatkan kompetensi karyawan melalui pelatihan, inovasi layanan, peningkatan infrastruktur dan sarana prasarana, pertumbuhan pesat BPR Arto Moro juga berkat dukungan dari stakeholder dan masyarakat. Untuk itu, BPR Arto Moro senantiasa menjalin komunikasi dan kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat. Silahkan bagi organisasi ataupun komunitas yang ingin berkegiatan di BPR Arto Moro. Akan kami support dan sambut dengan tangan terbuka,” kata Darmawan.

Ketua Panitia Pelaksana, Dr Ismawati SH MKn melaporkan, Perayaan HUT INI ke-115 tersebut merupakan puncak dari rangkaian acara yang telah digelar sebelumnya, yaitu bakti sosial di rusun Kaligawe, kegiatan donor darah, dan acara Workshop dan penyuluhan hukum terkait Legalitas Perjanjian Kredit untuk karyawan BPR Arto Moro. 

Ismawati menyampaikan terima kasih atas partisipasi seluruh jajaran pengurus dan anggota Pengda Kota Semarang INI yang telah meramaikan acara dengan menjadi peserta lomba dan seluruh donatur yang berkonstribusi bagi terselenggaranya acara peringatan HUT INI ke-115 tersebut.

“Perayaan HUT INI ke-115 ini bekerjasama dengan Bank Arto Moro yang telah menyediakan tempat acara dan perbagai fasilitas pendukung lainnya. Puncak Perayaan HUT INI ke-115 diikuti oleh seluruh anggota INI Kota Semarang, ALB, dan Werda Notaris,” tuturnya.

Ketua Pengda Kota Semarang INI, Muhammad Hafidh mengatakan, tema yang diusung ada perayaan HUT INI ke-115 tersebut adalah ‘Kita Tingkatkan Profesional, Integritas dan Etika Berorganisasi demi menjaga Marwah Notaris’ perayaan HUT INI ke-115. Dia berharap Pengda Kota Semarang akan selalu kompak, penuh dengan semangat kebersamaan dan persaudaraan.

“Kita harus selalu kompak. Organisasi INI harus tetap ada, tetap maju, dan tetap kompak. Kepada panitia saya ucapkan terima kasih atas segala jerih payah menyelenggarakan acara ini. Terima kasih juga pada para pelatih dan peserta lomba deville yang telah memeriahkan acara hari ini,” tuturnya. (-)