Geoprak Kebumen Resmi Diakui Sebagai Unesco Global Geopark

Selasa, 10 September 2024 16:36 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

kebumen geopark.jpg
Geoprak Kebumen Resmi Diakui Sebagai Unesco Global Geopark (dok.jatengprov.go.id)

Kebumen, Jatengaja.com - Melalui perjuangan yang cukup panjang dan penilian dari badan dunia Unesco, situs Geopark Kebumen akhirnya resmi diakui sebagai Unesco Global Geopark.

Menurut General Manager Badan Pengelola Geopark Kebumen, Sigit Tri Prabowo, masuknya Geopark Kebumen dalam Unesco Global Geopark diputuskan dalam Sidang Dewan Unesco Global Geopark.

Seluruh anggota Dewan Unesco Global Geopark yang berasal dari 11 negara secara bulat telah memutuskan menerima Geopark Kebumen dalam sidang di Cao Bang, Vietnam, Minggu 8 September 2024.

“Alhamdulillah puji syukur kepada Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, Geopark Kebumen diakui sebagai bagian dari Unesco Global Geopark,” kata Sigit dilansir dari jatengprov.go.id, Selasa (10/9/2024).

Selanjutnya, lanjut Sidik, hasil sidang tersebut akan ditindaklanjuti dengan penetapan dan penyerahan Piagam Unesco Global Geopark oleh UNESCO.

Situs Geopark Kebumen, jelas Sigit, meliputi situs geologi, budaya, kerajinan, dan ekonomi rakyat. Beberapa situs tersebut, antara lain Geosite Watukelir, Gunung Parang, dan Cangkring. Ketiganya terletak di Kebumen bagian utara.

Selain itu, di Kebumen bagian Utara terdapat situs budaya Benteng Van der Wijck Gombong, dan anyaman daun pandan di Karanganyar, Goa Jatijajar, hutan Mangrove Ayah, Pantai Menganti.

Konservasi tukik di Kaliratu, Pabrik Genteng Sokka, Pemandian Air Panas Krakal, Galeri Geopark di Dinas Perpustakaan, dan Museum Gerabah di Kutowinangun.

“Unsur yang dinilai para asesor adalah berkaitan dengan warisan geologi. Bagaimana masyarakat sadar dan terlibat dalam pelestarian situs-situs geologi. Kemudian, dampak dari adanya geopark, sejauh mana adanya Geopark Kebumen bisa membawa peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, menyampaikan selamat atas pengakuan Geopark Kebumen menjadi bagian dari Unesco Global Geopark.

Ia berhadap prestasi ini menjadi tonggak kebangkitan Kabupaten Kebumen. Masuknya Geopark Kebumen menjadi bagian dari Unesco Global Geopark harus bisa memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

“Ini menjadi tujuan awal kita dalam berjuang untuk menjadikan Geopark Kebumen masuk Unesco Global Geopark,” ujarnya.

 Karena itu, imbuh Arif, perlu adanya komitmen semua pihak, yakni Pemkab Kebumen, Badan Pengelola Geopark, dan masyarakat dalam menjaga warisan geologi, hayati, dan budaya dalam Geopark Kebumen ini, agar tetap lestari sampai ke generasi selanjutnya.(-)