Ganjar; Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku Akan Siap dalam Dua Bulan

Selasa, 24 Mei 2022 07:46 WIB

Penulis:Sulistya

Editor:Sulistya

24 mei pmk.jpeg
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memeriksa hewan ternak. (dok/Humas Pemprov Jateng)

Klaten, Jatengaja.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendapat kabar, vaksin untuk Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) akan siap dalam dua bulan. 

“Kemarin saya ketemu dengan orang yang memang bekerja di kementerian pertanian yang bekerja di produksi vaksin. Kira-kira dua bulan lagi, maka peternak sapi tidak perlu panik,” ujarnya usai mengecek bantuan Padat Karya Produktif di Desa Tijayan, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Senin (23/5).

Menurutnya, sambil menunggu vaksin siap, pengawasan ketat dilakukan dengan memperhatikan dan mengunci pergerakan hewan antar provinsi.

“Kita sekarang melakukan pemantauan dengan ketat termasuk pergerakan hewan antarprovinsi, antardaerah yang sudah terjangkit banyak PMK untuk kita kunci agar mereka tidak keluar,” katanya.

Ganjar mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih terus memantau PMK. Tim surveilans terus bergerak menangani penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak. 

PMK masih dalam pantauan kita dan alhamdulillah dari kementerian sudah menyiapkan,” kata gubernur.

Perlu diketahui, berdasarkan data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jateng pada 17 Mei lalu terdeteksi saat ini total 48 ekor hewan ternak yang positif PMK, tersebar di 13 daerah. (-)