Ganjar Nilai Pelaksanaan PPDB SMA di Jateng Berjalan Lancar

Senin, 20 Juni 2022 23:05 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

ganjar-ppdb.jpg
Kuota PPDB SMA/SMK Negeri Kosong di Jateng Diprioritaskan untuk Siswa Keluarga Miskin. (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com- Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 tingkat SMA Negeri di Jawa Tengah hingga hari ke lima, Senin (20/5) berjalan lancar tanpa kendala. 

Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo disela meninjau pelaksanaan PPDB di SMAN 5 Semarang, Senin (20/6).

Menurut Ganjar, sejak dimulai pelaksanaan PPDB pada 15 Juni lalu hingga saat ini belum ada kendala yang berarti.

“Sampai hari ini belum ada laporan kendala PPDB berarti. Pelaksanaan masih berjalan dengan baik dan lancar. Memang ada beberapa kesulitan menginput. Sehingga ada satu desk kita siapkan untuk membantu,” katanya.

Desk tersebut, dikhususkan bagi calon peserta didik yang mengalami kendala saat mendaftar online. Rerata kesulitan dialami saat penginputan.

Termasuk dalam proses verifikasi ternyata ada potensi data yang tidak sama. Maka nilai tadi disampaikan, sehingga bisa cepat untuk dilakukan perbaikan.

Ganjar juga meminta kepada para orang tua untuk mendampingi anaknya. Serta memikirkan alternatif sekolah sebelum menghadapi pengumuman hasil PPDB.

"Biasanya pas pengumuman nanti pada panik, sekolah di manapun bisa. Mau di negeri atau swasta itu sama saja. Agar anak-anak punya semangat belajar yang tinggi,” ujar Gubernur Jateng.

Kepada para calon peserta didik dan orang tua, Ganjar meminta jangan bergantung pada satu sekolah yang dipilih.  “Sebab dengan sistem zonasi akan memperketat proses seleksi,” tandasnya.

Sementara, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Suyanta mengatakan, sampai hari ini keluhan yang diterima terkait PPDB hanya terkait teknis. 

Oleh karenya pihak sekolah juga menyiapkan desk bantuan untuk melayani kesulitan orangtua dan calon peserta didik.

“Kami bersama tim dan sekolah berusaha melayani PPDB dengan baik. Teknis maupun non teknis disiapkan,” tandasnya. (-)