Deretan Makanan Terpedas di Dunia, Termasuk Otak-Otak dari Indonesia

Sabtu, 19 Oktober 2024 16:55 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

mangan pedas.jpg
Deretan Makanan Terpedas di Dunia, Termasuk Otak-Otak dari Indonesia. (jatengaja.com/istimewa)

Jatengaja.com - Setiap negara ternyata memiliki menu makanan pedas yang bisa membuat penikmatnya bisa membuat keringat mengucur deras sampai mengeluarkan air mata.

Meski makanan pedas membuat orang yang mengkonsuminya membuat tersiksa, tapi sejumlah orang malah menyukai makanan tersebut. Istilahnya kapok lombok, sudah tahu pedas tetap diulang lagi.

Dilansir dari Tribratanews.polri.go.id, berikut sederet makanan terpedas dari berbagai negara, termasuk makanan otak-otak dari Indonesia masuk sebagai makanan pedas di dunia.

1. Otak-otak Indonesia
Makanan otak-otak terbuat dari daging ikan tenggiri cincang yang dibungkus daun pisang. Secara umum, makanan ini disajikan dengan saus kacang atau kuah asam pedas. 

Terkadang saus kacang yang disajikan juga punya rasa pedas. Tak hanya otak-otak biasa, ada juga otak-otak khas Kepulauan Riau yang unik dan terkenal lebih pedas. Sebab, adonannya menggunakan bumbu campuran cabai, bawang, kunyit, dan serai.
2. Jerk Chicken
Jerk Chicken merupakan hidangan khas Jamaica. Berupa ayam yang direndam dalam bumbu selama beberapa jam, lalu dipanggang.

Rasa pedasnya berasal dari penggunaan beberapa jenis rempah seperti jalapeno, pimento, hingga beberapa jenis cabai lainnya. Bumbu rempah pedas itu ditaburi ke ayam, lalu ayam dimarinasi selama 12 sampai 24 jam. Hidangan ini pun memiliki tingkat kepedasan antara 80.000 sampai 400.000 Scoville. 

3. Vindaloo
Vindaloo menjadi salah satu masakan India yang terkenal pedas. Berupa kari berbahan daging, bisa ayam atau kambing yang direndam dalam bumbu rempah semalaman. Kemudian baru dimasak dengan rempah-rempahan tambahan lainnya.

Rasa rempah-rempahnya begitu tajam, dengan sentuhan cabai kering. Tingkat kepedasannya pun disebut-sebut punya rasa kuat sampai ke dalam tulang ayam atau kambingnya.

4. Doro wat
Makanan pedas dari Ethiopia ini disajikan dengan roti pipih Ethiopia bernama injera. Roti ini mirip pancake, biasanya dibuat dengan tepung teff (biji-bijian asli daerah tersebut), lalu adonannya difermentasi sampai 4 hari.

Injera digunakan sebagai pengganti alat makan seperti untuk menyendok sup ayam. Kunci dari doro wat yang autentik dan nikmat adalah berbere yang berkualitas baik dan beraroma. Untuk mendapatkan hal tersebut, harus dimasak sangat lama.

Bahan utama berbere yaitu campuran rempah Ethiopia yang pedas, berwarna merah terang, dan beraroma. Paling enak dibuat segar dengan menggunakan rempah utuh yang dipanggang dan digiling untuk mendapat rasa maksimal.

5. Hot wings
Hot wings merupakan ikon kuliner Amerika berupa sayap ayam yang diberi tambahan berbagai macam bumbu pedas, mulai dari cabai habanero, cabai rawit, dan bubuk cabai. Racikannya mampu membuat para pemburu pedas kepedasan.

Seiring berjalannya waktu, inovasi lain mulai muncul dengan tingkat kepedasan yang lebih tinggi lagi. Bahkan, tidak sedikit restoran yang mengadakan tantangan makan hot wings dengan tingkat pedas ekstrem. (-)