BPR Arto Moro - Undip Kerja Sama Ingin Ciptakan SDM Andal Perbankan

Kamis, 26 September 2024 17:51 WIB

Penulis:Sulistya

Editor:Sulistya

26 arto.jpg
Rektor Undip dan jajaran berfoto bersama Pemegang Saham Pengendali Bank Arto Moro dan jajaran usai penandatanganan nota kesepahaman.

Semarang, Jatengaja.com - Keberadaan sumber daya manusia (SDM) perbankan yang terampil dan kompeten memegang peranan sangat penting. Guna mendukung SDM andal perbankan, Bank Arto Moro melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Universitas Diponegoro (Undip), Rabu (25/9).

Kerja sama merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi kegiatan magang mahasiswa, penerimaan karyawan, praktisi mengajar, disertai bentuk kerja sama lain yang akan disepakati.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) berlangsung di Gedung Widya Puraya Undip, dilakukan Direktur Utama Bank Arto Moro, Darmawan SSos MM dan Rektor Undip, Prof Dr Suharnomo SE MSi disaksikan Komisaris Utama Bank Arto Moro, Prof Dr H Subyakto SH MH MM, para Wakil Rektor Undip, para Dekan Fakultas, para Pimpinan Lembaga/Badan, para Kepala Biro, dan para Manajer Undip.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Bank Arto Moro, Darmawan menyatakan menjalin kemitraan dengan Undip merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan luar biasa mengingat Undip merupakan perguruan tinggi terbaik di Jawa Tengah dan peringkat atas secara nasional. 

“BPR Arto Moro merupakan satu-satunya BPR yang dipercaya oleh Undip untuk menjalin kerja sama dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ini adalah kebanggaan luar biasa dan menunjukan bahwa eksistensi Bank Arto Moro sudah diakui oleh banyak pihak,” ucap Darmawan.

Dikatakan, sebagai lembaga jasa keuangan yang terus menumbuh, Bank Arto Moro membutuhkan keberadaan sumber daya manusia yang kompeten dan berintegritas. Dengan proyeksi pertumbuhan aset sebesar 50% tiap tahunnya, Bank Arto Moro berkeyakinan rencana strategis dan program yang telah disusun akan dapat tercapai dengan keberadaan SDM yang baik.

“Kami yakin dengan kerjasama ini, akan semakin banyak lulusan Undip yang bergabung dengan Bank Arto Moro. Banyak benefit menjadi karyawan Bank Arto Moro. Kesejahteraan di atas rata-rata, berbagai tunjangan, fasilitas kesehatan, perumahan, bahkan kami juga menyediakan program jaminan pensiun bagi karyawan yang sudah purna tugas,” tutur Darmawan.

Selain program magang dan rekrutmen pegawai, MoU antara Bank Arto Moro dan Undip juga mencakup program praktisi mengajar dan kegiatan literasi edukasi keuangan bagi mahasiswa. Dalam program praktisi mengajar, sejalan dengan kebijakan Kampus Merdeka, dosen dari Undip akan memberikan pelatihan dan pembekalan kepada karyawan Bank Arto Moro, sementara praktisi dari Bank Arto Moro akan berbagi wawasan mengenai praktik dunia perbankan kepada sivitas akademik Undip.

“Literasi dan edukasi bagi mahasiwa juga sangat penting sehingga mereka mempunyai bekal perencanaan yang kuat sedari dini sehingga dapat terhindar dari praktek-praktek program keuangan yang tidak benar,” ujar Darmawan.

Cetak Pengusaha

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Diponegoro, Prof Suharnomo menyatakan bahwa Undip tertarik menjalin kerja sama dengan BPR Arto Moro salah satunya adalah karena performa dan prospek yang dimilik oleh Bank Arto Moro. 

“Selama ini kami menjalian kerja sama dengan perusahaan nasional seperti bank umum, Pertamina dan lain sebagainya. BPR Arto Moro merupakan satu-satunya BPR yang kami percaya menjalin kerja sama. Kami berharap kerja sama ini akan membawa manfaat bagi kedua pihak dan masyarakat luas,” kata  Prof Suharnomo.

Komisaris Utama dan Pemegang Saham Pengendali (PSP) Bank Arto Moro, Prof Subyakto menyatakan, pihaknya sangat mendukung kerja sama yang dilakukan oleh Bank Arto Moro dan Undip tersebut. Kerja sama yang terjalin diharapkan akan semakin menumbuhkan semangat kewirausahaan dikalangan generasi muda sehingga mindset para lulusan baru tidak hanya terpatri untuk menjadi pegawai negeri.

“Negara akan menjadi maju dan makmur apabila komposisi enterpreneur mencukupi. Untuk itu, Bank Arto Moro sangat concern dalam pendampingan terhadap UMKM dan senantiasa mendorong generasi muda untuk berani berdikari menjadi pengusaha. Kerja sama ini semoga bisa menjembatani harapan tersebut. Terima kasih kepada Undip yang sudah mempercayai Bank Arto Moro untuk bersinergi bersama-sama membangun negeri,” tutur Prof Subyakto.

Acara ditutup dengan sesi bertukar cinderamara dan foto bersama. Ke depan, kedua belah pihak berencana untuk mengembangkan lebih banyak inisiatif yang dapat memperkuat kerja sama ini, dengan harapan dapat terus berkontribusi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dan inovasi di bidang pendidikan serta perbankan. (-)