Anantya dari Kota Semarang dan Ardelia dari Kota Solo Terpilih Mas dan Mbak Jateng 2024

SetyoNt - Minggu, 22 September 2024 16:26 WIB
Anantya Haryo (kiri) dari Kota Semarang dan Chairunisa Ardelia (kanan) dari Kota Solo terpilih sebagai Mas dan Mbak Jateng 2024 (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaaja.com - Anantya Haryo dari Kota Semarang dan Chairunisa Ardelia dari Kota Solo terpilih sebagai Mas dan Mbak Jateng 2024 setelah mengalahkan peserta lainnya dari berbagai daerah di Jateng.

Anantya dan Ardelia terpilih manjadi Mas dan Mbak Jateng 2024 pada malam babak grand final yang digelar di Balairung Astina, Hotel UTC, Kota Semarang, Sabtu (21/9/2024).

Sebagai kuara juara II Andi Setya Gunawan dari (Kabupaten Banjarnegara)dan Lintang Kaisha dari (Kabupaten Wonosobo) serta juara III Syahrul Habib Maulana (Kabupaten Jepara) dan Salsabila Sajida Nufus (Kabupaten Tegal).

Pemilihan duta wisata ajang Mas dan Mbak Jateng kembali digelar setelah empat tahun vakum. Mas dan Mbak Jateng terpilih diharap mampu mempromosikan kekayaan pariwisata yang ada.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana, mengapresiasi ajang Mas dan Mbak Jateng 2024 yang diharapkan melahirkan pemuda-pemudi bertalenta, memperkenalkan wusata Jateng ke seantero negeri dan mancanegara.

“Tugas Mas dan Mbak Jateng akan mempromosikan, juga memberikan wawasan pariwisata, budaya Jateng. Diharap pula mampu menarik minat wisatawan lokal dan asing,” katanya didampingi Ketua TP PKK Jateng Shinta Nana Sudjana di sela babak final pemilihan Mas dan Mbak Jateng 2024.

Menurut Nana, kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara ke Jateng, cukup menggembirakan. Data Disporapar Jawa Tengah, pada 2022 setelah pandemi Covid mereda, kunjungan wisatawan mencapai 45.093.933 orang. Terdiri atas wisnus 44.949.504 orang, dan wisman 144.429 orang.

“Selama ini kita bersyukur, bahwa peningkatan wisatawan baik asing dan lokal semakin meningkat. Dan pemilihan Mas dan Mbak ini akan kita laksanakan tiap tahun, agar ada regenerasi,” tuturnya.

Sementara, Kepala Disporapar Jateng, Agung Hariyadi mengatakan, nantinya Mas dan Mbak Jateng 2024 akan mempromosikan wisata, lewat project pilot wisata.

Agung menyampaikan, ada beberapa destinasi wisata yang siap untuk digenjot promosinya, antara lain, gugusan Kepulauan Karimunjawa, hingga pesona Jateng Selatan di Kebumen dan Purworejo.

“Selain itu, juga pengembangan kemampuan pengelolaan pariwisata. Mulai dari pengelolaan home stay, hingga kemampuan alih bahasa pemandu wisata,” kata Agung. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS