Waspada Ada Virus Baru Lagi Namanya Hendra, Ini Penyebab dan Gejalanya

SetyoNt - Kamis, 19 Mei 2022 12:32 WIB
Usai Hepatitis Akut Kini Muncul Virus Hendra, Kenali Penyebab dan Gejalanya (Pixabay.com)

Jakarta, Jatengaja.com - Virus baru terus bermunculan di muka bumi, setelah merebaknya virus Corona atau Covid-19 yang merenggut nyawa jutaan orang di seluruh dunia, kini muncul virus lagi dengan nama Hendra.

Dilansir dari laman Science Daily, virus Hendra telah diidentifikasi dan diduga sebagai penyebab fatal pada kuda di Australia dan berisiko menularkan virus ke manusia. Kasus kedua dari varian tersebut dikonfirmasi oleh Departemen Industri Primer NSW pada Oktober 2021, dengan menggunakan metode pengujian terbaru.

Virus Hendra beredar di antara flying foxes atau kelelawar buah dan dapat berakibat fatal bagi kuda dan manusia. Semua spesies kelelawar di Australia juga dapat terinfeksi virus tersebut dan dapat menularkannya ke manusia melalui infeksi limpahan pada hewan peliharaan.

Kelelawar tersebut menularkan virus ke kuda melalui paparan cairan yang mengandung virus, seperti urin ketika kuda merumput di dekat atau di bawah pohon. Virus Hendra sendiri sudah ada sejak 1994 dan telah terjadi tujuh kasus pada manusia, empat di antaranya berakibat fatal dan semuanya terkena kuda yang terinfeksi Hendra.

Para peneliti mengatakan penemuan itu menunjukkan pentingnya program biosekuriti dan pengawasan ekstensif yang mencerminkan kompleksitas bagaimana virus baru muncul. Hal ini termasuk melibatkan pemeriksaan pada area di mana virus baru dan penyakit yang muncul cenderung bersentuhan dengan hewan domestik dan manusia yang rentan atau berisiko seperti dokter hewan.

Berikut penyebab dan gejala virus Hendra yang perlu dikenali agar bisa terhindar terkena virus tersebut.

Penyebab Penularan Virus Hendra

Menurut CDC, penularan virus Hendra ke manusia dapat terjadi setelah terpapar cairan dan jaringan tubuh atau kotoran kuda yang terinfeksi virus Hendra. Kuda dapat terinfeksi setelah terpapar virus dalam urin kelelawar yang terinfeksi.

Gejala Penularan Virus Hendra

Setelah masa inkubasi selama 9 sampai 16 hari, infeksi virus Hendra dapat menyebabkan penyakit pernapasan dengan tanda-tanda dan gejala yang mirip flu parah. Dalam beberapa kasus, penyakit tersebut dapat berkembang menjadi ensefalitis. Meskipun infeksi virus Hendra jarang terjadi, kasus fatalitasnya cukup tinggi. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 18 May 2022

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS