Akhmad Sodiq Rektor Unsoed 2022-2026

Sulistya - Kamis, 19 Mei 2022 07:44 WIB
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim melantik sebagai Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Periode 2022-2026 di Auditorium Gedung Kemendikbudristekdikti Jakarta, Rabu (18/5). (EDUWARA/Dok. Unsoed)

Jakarta, Jatengaja.com – Akhmad Sodiq Dilantik sebagai Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Periode 2022-2026.

Pe;antikan dilakukan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, di Auditorium Gedung Kemendikbudristekdikti Jakarta, Rabu (18/5).

Selain Rektor Unsoed, pejabat lain yang dilantik adalah Rektor Universitas Siliwangi (Unsil), Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat, dan tiga orang pejabat Fungsional Widya Prada Ahli Utama.

Dalam sambutannya, Nadiem mengingatkan bahwa kunci keberhasilan dalam mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar sejak tahun 2020 sampai hari ini merupakan buah dari kolaborasi seluruh pihak dalam mendorong kemajuan Pendidikan Indonesia.

Khususnya di tengah upaya untuk bangkit dari pendemi, kolaborasi merupakan kunci utama untuk memulihkan pembelajaran dari dampak learning loss.

“Berkenaan dengan hal tersebut upacara pelantikan pejabat yang kita laksanakan hari ini merupakan bagian dari upaya Kemendikbudristek untuk semakin mengakselrasi kerja sama lintas sektor dan memperluas Gerakan Merdeka Belajar sampai keseluruh penjuru Indonesia,” kata Nadiem seperti dilansir dalam laman resmi Unsoed, Rabu 918/5/2022).

Kampus Kondusif

Karena itu kepada Rektor yang dilantik, Nadiem berpesan dan menitipkan harapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Ciptakan iklim belajar yang kondusif, aman dari segala bentuk kekerasan, serta memerdekakan mahasiswa dalam mengembangkan potensinya. Berikan hak kepada mahasiswa kita untuk belajar di luar kampus agar ketika lulus mereka siap menghadapi segala macam tantangan,” tutur Menteri Nadiem.

Nadiem juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Suwarto (Rektor Universitas Jenderal Soedirman periode 2018–2022), dan Rudi Priyadi (Rektor Universitas Siliwangi periode 2018–2022) atas kesungguhan dan komitmennya dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai pimpinan perguruan tinggi.

"Saya harap akan terus memberikan kontribusi untuk kemajuan dunia Pendidikan Indonesia," katanya.

Mengakhiri sambutannya, Nadiem mengucapkan selamat bertugas kepada pejabat yang dilantik hari ini, sembari mengajak untuk terus menguatkan kolaborasi di lingkungan Kemendikbudristek, menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dan pemangku kepentingan untuk memantapkan langkah bersama dalam mewujudkan cita-cita Merdeka Belajar. (-)

Tulisan ini telah tayang di eduwara.com oleh Setyono pada 18 May 2022

Editor: Sulistya
Bagikan

RELATED NEWS