Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Layanan Fast Track di Bandara Adi Soemarmo Embarkasi Solo

SetyoNt - Jumat, 31 Mei 2024 22:12 WIB
Wapres Ma’ruf Amin (dua dari kiri) Resmikan Layanan Fast Track di Bandara Adi Soemarmo Embarkasi Haji Solo (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Solo, Jatengaja.com - Wakil Presiden (Wapres) RI KH. Ma'ruf Amin meresmikan operasional layanan fast track di Bandara Adi Soemarmo bagi jamaah calon haji embarkasi Solo.

Layanan fast track adalah preclearance atau pemeriksaan dokumen jamaah haji oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi di Indonesia.

Setelah melakukan peresmian, Wapres Ma’ruf Amin didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana langsung mengecek operasional layanan fastrack, Jumat (3/5/2024).

Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana mengatakan, dengan adanya fasilitas fast track ini, layanan pemeriksaan dokumen jamaah haji menjadi lebih cepat.

“Kalau pemeriksaan dilaksanakan di Jeddah Arab Saudi waktunya lama, antara 6 sampai 9 jam karena antrean. Ketika dilaksanakan di sini, tadi antara sekitar lima sampai 15 menit, mereka sudah selesai,” ujarnya.

Wapres RI KH Ma'ruf Amin mengatakan, Indonesia merupakan satu-satunya negara yang diberikan fasilitas fast track oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi.

Saat ini sudah ada tiga embarkasi yang difasilitasi fast track, yakni Bandara Soekarno-Hatta embarkasi Jakarta, Bandara Juanda, embarkasi Surabaya, dan Bandara Adi Soemarmo embarkasi Solo.

“Berharap, pemerintah Arab Saudi bersedia memberikan tambahan fasilitas fast track tersebut di 10 embarkasi lain di Indonesia,” harapnya.

Menurut Wapres KH. Ma’ruf Amin, keberadaan fasilitas fast track memberikan keuntungan besar bagi para jamaah calon haji, karena tidak perlu lagi antre berjam-jam untuk diperiksa dokumen-dokemnnya.

"Kemudahan ini luar biasa bagi jamaah haji Indonesia, walaupun saat ini hanya di 3 embarkasi,” ujarnya.

Salah seorang jamaah haji, Mohammad Abdul Salam mengaku, senang sekali karena pelayanan yang diberikan sangat cepat. Petugasnya juga sangat membantu.

"Semoga ke depannya lebih bagus dan tambah bagus lagi. Terima kasih kepada pemerintah Indonesia dan Arab Saudi yang telah memberikan fasilitas kita untuk ibadah haji," tuturnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS