Wali Kota Semarang Minta Siswa Investasi Ilmu dan Jaringan

Sulistya - Rabu, 07 September 2022 08:11 WIB
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat kunjungan Wali Kota Goes to School di SMA Negeri 1 Semarang. (dok/semarangkota.go.id)

Semarang, Jatengaja.com - Dua hal penting yang perlu dilakukan siswa sebagai penerus generasi bangsa adalah berinvestasi ilmu pengetahuan dan investasi jaringan.

"Saya sampaikan yaitu jangan lupa lakukan investasi dengan baik dan benar, investasi ini tidak perlu uang yaitu dengan kesungguhan seperti investasi untuk menambah ilmu yang dimiliki. Adapun itu, harus menghormati guru untuk mendapat ilmu yang lebih banyak untuk masa depan adik-adik sekalian," ujar Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat kunjungan Wali Kota Goes to School di SMA Negeri 1 Semarang.

Pada kesempatan itu, Hendi, sapaan akrab wali kota didapuk sebagai pembina upacara untuk memberikan motivasi pada para siswa.

"Investasi kedua adalah investasi jaringan. Ada anak muda yang dahulu dibully oleh teman-temannya suatu ketika bisa jadi dirjen, gubernur, menteri, sedangkan orang yang membully harus menjadi staff atau bawahan dari anak yang dahulu dibully," katanya.

Alumnus SMA Negeri 1 Semarang itu berpesan kepada para siswa agar menjaga jaringan dengan baik.

"Kita tidak tahu nasib ke depan, jadi jangan pernah meremehkan teman-teman dan jangan rendahkan teman-teman hanya dari status sosial," tutur Hendi.

Dikatakan, ada empat kelompok anak muda yang saat ini ada di Indonesia khususnya Kota Semarang. Di antaranya kelompok anak muda yang pintar tapi tidak peduli, tidak pintar tapi peduli, kelompok pemuda yang tidak peduli dan tidak pintar, serta yang terakhir kelompok anak muda yang pintar dan peduli.

Hendi berharap siswa siswi SMA Negeri 1 Semarang menjadi kelompok anak muda yang selain pintar juga peduli untuk membangun Kota Semarang dan Indonesia. Hendi menuturkan cara agar menjadi peduli yaitu dengan melihat siapa yang memerlukan bantuan dan bisa membantunya sebisa mungkin.

"Asah selalu kepedulian itu, karena semakin anda peduli terhadap sesama maka Insya Allah ilmu yang anda peroleh, jaringan yang anda bina, kepedulian terhadap sesama akan membuat anda sukses di masa depan. Serta jangan lupa tujuan utamanya yaitu menuntut ilmu," tuturnya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS