Wagub Taj Yasin Minta DMI Jateng Tuntaskan Status Legalitas Tanah dan Aset Masjid

SetyoNt - Minggu, 12 Juni 2022 17:34 WIB
Wagub Taj Yasin Minta DMI Jateng Tuntaskan Status Legalitas Tanah dan Aset Masjid.

Semarang, Jatengaja.com - Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Tengah dan kabupaten/kota diminta untuk menuntaskan status legalitas tanah dan aset masjid agar tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

Permintaan ini disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Taj Yasin Maimoen pada pengukuhan Pengurus Wilayah (PW) DMI Jateng masa bhakti 2022-2027 di Aula Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang, Sabtu (11/6).

Sebegai Ketua PWI DMI Jateng adalah Prof. KH Ahmad Rofiq MA. Acara dihadiri KH Haris Shodaqoh, Ketua Dewan Mutasyar Drs KH Achmad, Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) DMI, Komjen (Purn) Dr (HC) H Safrudin MSi, Sekjen PP DMI KH Drs Imam Addaruqutni MA.

Wakil Gubernur (Wagub) Jateng meminta pengurus Wilayah DMI Jateng segera melakukan konsolidasi dengan Pungurus Daerah DMI kota dan kabupaten, mereka dirangkul.

“Kita juga minta DMI berkoordinasi dengan masjid-masjid di kabupaten dan kota untuk mendata aset yang dimulai dari tingkat kecamatan. Termasuk mengurus sertifikat dan IMB,” kata Gus Yasin, sapaan Wagub.

Lebih lanjut Gus Yasin menyatakan, berbagai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bisa dikembangkan DMI untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

Kotak infaq dan infaq Jumat di masjid bisa dikembangkan untuk berbagai usaha, seperti kafe untuk tempat makan dan minum pengunjung. “Infaq ini perlu dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” tandas Wagub Jateng.

DMI, sambung Gus Yasin merupakan organisasi yang mempunyai kekuatan menyatukan umat. Sebab, tidak sedikit pengurus maupun anggotanya berasal dari berbagai kalangan dan aktif di berbagai organisasi

Sehingga dalam melaksanakan programnya, DMI dapat menggandeng lembaga atau organisasi lain dalam mewujudkan fungsi masjid, untuk meningkatkan kesejahteraan jemaah dan masyarakat di lingkungan masjid.

Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) DMI, Komjen (Purn) H Safrudin MSi juga ketua PD DMI Jateng menyelesaikan masalah-masalah mengenai tanah wakaf masjid yang menjadi sengeketa.

"Pada kesempatan yang baik ini Pak Ketua agar bisa menyampaikan dan mengkondisikan serta menyelesaikan masalah mengenai tanah wakaf masjid yang menjadi sengeketa, karena banyak masjid di kota-kota besar yang asalnya dari wakaf menjadi problem setelah menjadi tempat strategis, karena wakafnya tidak jelas,” ujarnya.

Menanggapi persoalan sertifikasi tanah masjid, Ketua PW DMI Jateng Prof. Rofiq menyatakan akan bersama-sama saling memperbarui keberadaan status masjid mushola yang ada di daerah masinh-masing,

“Kami merencanakan akan safari atau bersilaturrahim ke daerah untuk mengupdate bagaimana perkembangan tentang data status tanah wakaf masjid,” katanya.

Berikut daftar Pengurus PW DMI Jateng

1. Ketua Prof. Dr. H. Ahmad Rofiq, MA.

2. Wakil Ketua Drs. H. Muchtar Hadi, M.Ag

3. Wakil Ketua Dr. H. Multazam Ahmad, M.A

4. Wakil Ketua Drs. H. Muhyidin, M.Ag.

5. Wakil Ketua Ir. H. M. Saleh, M.Si

6. Wakil Ketua Dr. H. Rozihan, SH, M.Ag.

7. Wakil Ketua Drs. H. Sarjuli, SH, M.Si.

8. Wakil Ketua H. Agus Sumartono, SE

9. Wakil Ketua Drs. H. Zaenal Fatah, M.Ag.

10. Wakil Ketua Dr. Hj. Yuyun Affandi, Lc, MA

Sekretaris Dr. H. Imam Yahya, M.Ag.

Bendahara Dr. Hj. Mardiyah, SKM, M. Kes.

Biro Organisasi dan Pengembangan SDM, Prof. Dr. H. Bunyamin, M. Pd., MA.

Biro Sarana, Hukum, dan Wakaf, Dr. H. Sidqan Prabowo, SH, MH

Biro Dakwah, Pengkajian, dan Perpustakaan, Drs. H. Musaddat, M.Pd.

Biro Kesehatan dan Lingkungan Hidup. dr. H. Fuad Al-Hamidy, M.Kes.

Biro Pemberdayaan Ekonomi Umat dan IPTEK, Dr. H. Wahab Zaenuri, MM.

Biro Muslimat dan Generasi Muda, Hj. Tazkiyatul Muthmainnah, M.Si.

Biro Sosial Kemanusiaan, Drs. H. Slamet Widodo.

Biro Kominfo dan Hubungan Antar Lembaga, Saiful Hadi, ST, M.Kom. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS