Transformasi TelkomGroup, Diluncurkan Program ESG 2024

Sulistya - Jumat, 17 November 2023 19:21 WIB
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kiri), Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Telkom Heri Supriadi (kanan) dan SDG Mover UNDP Indoensia Chelsea Islan (tengah) saat peresmian Exist di Yogyakarta.

Yogyakarta, Jatengaja.com - Environmental, Social, and Governance (ESG) menjadi tanggung jawab korporasi untuk diimplementasikan demi mendukung kinerja sekaligus inisiatif dalam menjaga keberlanjutan.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), turut mendukung komitmen tersebut dengan semakin fokus dalam pengelolaan dan penerapan ESG melalui peresmian program Exist (ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia), Kamis (16/11). Peresmian dilakukan Wakil Gubernur DI Yogyakarta, KGPAA Paku Alam X dan Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah.

Hadir Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom, Heri Supriadi, serta Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir, dan para direksi anak perusahaan Telkom.

Ririek Adriansyah berharap implementasi ESG dapat terus dioptimalkan, bukan hanya untuk perusahaan namun juga untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Implementasi ESG melibatkan banyak stakeholders agar dapat terus berlangsung dan sustain. Acara hari ini juga diharapkan dapat sekaligus mempererat hubungan dengan Pemerintah Daerah Yogyakarta dalam mendukung suksesnya ESG Telkom. Diharapkan dengan ESG ini, Indonesia dapat menjadi negara yang ramah lingkungan dan sustain, serta menjadi tempat hidup yang sehat untuk kita semua. Sehingga kita bisa mewariskan sesuatu yang baik untuk anak cucu kita semua,” ujar Ririek.

KGPAA Paku Alam X menyampaikan apresiasi dari Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengukubuwono X atas upaya implementasi ESG Telkom, khususnya di Yogyakarta.

“Pemerintah Daerah Yogyakarta mendukung penuh Telkom dalam upaya membangun daerah. Marilah kita terus bergandengan tangan bersama-sama, membangun masyarakat yang lebih maju dan berkelanjutan. Terima kasih atas kerja sama yang terjalin, semoga kegiatan ini menjadi titik awal dari langkah positif yang lebih besar lagi,” tuturnya.

Masa Depan ESG

Exist menjadi semangat Telkom dalam mewujudkan masa depan berbasis ESG yang bertujuan untuk mewujudkan bisnis berkelanjutan dengan menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat melalui layanan dan solusi inovatif yang dimiliki. ESG Telkom melalui EXIST hadir dengan 3 pilar utama, yaitu Environmental, Social, dan Governance.

Sebagai bagian dari rangkaian Telkom ESG Day, dilaksanakan penanaman 1.000 bibit pohon di Desa Girikerto. Desa Girikerto merupakan desa penyangga air di Kawasan Gunung Merapi, di mana sumber mata airnya bermanfaat untuk kehidupan dan wajib untuk dijaga.

Tak hanya itu, desa ini juga memiliki program pengembangan Agro Buah dengan luas lahan 4,03 ha, yang bertujuan untuk menaikkan taraf hidup masyarakat dengan menanam tanaman yang produktif dan menghasilkan dampak ekonomi berkelanjutan (circular economy).

“Penanaman bibit ini menjadi langkah awal komitmen Telkom dalam pengimplementasian ESG. Semoga apa yang kita lakukan bisa berkelanjutan dan menghasilkan manfaat untuk kita semua,” kata Ririek. (-)

Editor: Sulistya
Tags ESGTelkomBagikan

RELATED NEWS