Tol Semarang-Demak Seksi 2 Diperkiran Bisa Beroperasi Saat Libur Nataru 2022

SetyoNt - Selasa, 08 November 2022 22:33 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (dua dari kanan) saat meninjau jalan tol Semarang-Demak Seksi 2 yang Diperkiran Bisa Beroperasi Saat Libur Nataru 2022 (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Demak, Jatengaja.com - Jalan tol Semarang-Demak seksi 2 sepanjang 16,31 kilometer diperkirakan dapat beroperasi untuk umum pada momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Saat ini progres pembangunan jalan tol Semarang-Demak seksi 2 secara umum sudah selesai, hanya menyisakan detail-detail seperti rambu-rambu serta pintu keluar tol, sehingga diharapkan pada libur Nataru 2022 bisa beroperasi.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo menyatakan tahap uji coba fisik secara komprehensif jalan tol Semarang-Demak akan segera dilakukan.

“Mudah-mudahan jalan tol Semarang-Demak pada libur Nataru mendatang sudah bisa digunakan meski ya uji coba begitu, belum bayar, dan sekarang sudah mulai kelihatan,” katanya saat meninjau jalan tol Semarang-Demak, Selasa (8/11).

Keberdaan jalan Tol Semarang-Demak ini, lanjut Ganjar, sekaligus solusi pengendalian rob yang sering melanda kawasan Sayung Demak dan Semarang.

Tanggulnya dengan konstruksi yang didesain anak-anak bangsa sudah dilakukan uji coba sampai hari ini cukup berhasil.

“Secara resmi, uji laik fungsi jalan tol Semarang-Demak akan berlangsung selama sebulan mulai 19 November,” ujarnya.

Mantan anggota DPR RI juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya pada warga yang telah mendukung proyek tol tersebut.

“Minta dukungannya agar komunikasi kita jauh lebih baik dan nanti insyaallah akan betul-betul bermanfaat buat semuanya,” tandasnya.

Sementara, pelaksanaan pembangunan seksi 1 Tol Semarang-Denak, Kepala BBPJN Jawa Tengah-DI Yogyakarta, Wida Nurfaida menjelaskan prosesnya diharapkan bisa berjalan mulai Desember mendatang.

“Harapannya untuk penanggulangan banjir jadi untuk paket yang 1C bisa selesai dan 2024 semuanya bisa selesai,” tandasnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS