Tips Memilih Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK

Sulistya - Senin, 26 Juni 2023 22:23 WIB
Di Kota Salatiga, vaksin disuntikkan ke ternak milik Kelompok Ternak Sri Mulih di kandang koloni Dusun Kradenan, Kelurahan Tingkir Lor,  Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jumat (24/6/2022).

Semarang, Jatengaja.com - Salah satu peternak dan penjual hewan kurban Ar-Rahman Farm Bogor, Andika, memberikan tips memilih hewan ternak di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Di antaranya wajib memiliki surat kesehatan dari dinas kesehatan hewan. Hal ini merupakan jaminan untuk konsumen bahwa hewan ternak dipastikan sehat dan terawat. Selain itu, pembeli bisa memperhatikan hewan yang sehat akan memiliki gerakan lincah, nafsu makan normal dan tidak terlihat lunglai atau lemah.

Lalu, kuku kaki sehat dan utuh, ditambah gerakan saat berjalan normal, tidak nampak pincang. Kemudian konsumen dapat melihat dari mata dan wajah ternak jika sakit, maka nafsu makan hilang.

Selanjutnya, tidak ada produksi buih-buih berlebih pada mulut yang mengindikasikan bahwa ternak terkena penyakit mulut dan kuku. Terakhir pilih tempat pembelian hewan yang jelas kebersihannya, hindari membeli hewan kurban yang dipelihara di tempat pembuangan sampah.

Sebelumnya, dikutip dari www.trenasia.com, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Nasrullah mengungkapkan, untuk mengendalikan penyebaran penyakit PMK pihaknya telah melakukan karantina dan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah hewan tersebut layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Guna meningkatkan kualitas kesehatan hewan kurban, Nasrullah menyebutkan, pihaknya telah memasang semacam tanda di telinga hewan. Tanda tersebut memiliki barcode yang berguna untuk mengetahui apakah hewan tersebut sudah divaksinasi atau belum. Dengan begitu, diharapkan dapat mengurangi risiko penyebaran penyakit PMK. (-)

Editor: Sulistya
Tags kurbaniduladhaBagikan

RELATED NEWS