Telkomsel Hentikan Layanan 3G Secara Bertahap

Sulistya - Minggu, 23 Januari 2022 13:10 WIB
Telkomsel Secara Bertahap Upgrade Seluruh Layanan 3G ke 4G di 2022. (Jatengaja.com/dok/telkomsel.com)

Jakarta, Jatengaja.com - Mulai 2022 ini, operator seluler Telkomsel, secara bertahap akan melakukan pengalihan atau upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di seluruh wilayah. Dengan kata lain, Telkomsel akan mulai mematikan layanan 3G.

Upgrade bertujuan meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pelanggan dalam mengadopsi gaya hidup digital dengan secara konsisten melakukan peningkatan kualitas dan pemerataan akses jaringan broadband terdepan di seluruh wilayah Indonesia.

“Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE agar seluruh lapisan masyarakat menikmati akses jaringan berteknologi terdepan yang merata dan setara, guna mendukung beragam aktivitas digital yang lebih nyaman,” tutur Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam dalam siaran pers.

Dijelaskann, upgrade seluruh layanan 3G ke 4G/LTE merupakan bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas digital dengan kualitas prima yang merata hingga pelosok negeri.

Telkomsel memastikan proses upgrade telah melalui tahap pengkajian, perencanaan, serta persiapan yang matang.

Hal tersebut mencakup kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses upgrade berlangsung, hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen, yang berlaku di Indonesia.

Minimalkan Gangguan

Adapun Direktur Network Telkomsel, Nugroho menambahkan, Telkomsel telah mempersiapkan seluruh rencana mulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi dengan optimal.

Tujuannya, guna memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur di seluruh wilayah di Indonesia dapat berjalan baik, termasuk prioritas meminimalisir potensi gangguan.

Nugroho menjelaskan, dengan layanan 4G/LTE, untuk pelanggan ritel dapat menikmati pengalaman aktivitas digital yang lebih baik dibandingkan dengan layanan 3G. Misalnya, streaming video dan music digital, video conference, bermain game online, hingga layanan VoLTE.

“Untuk itu, proses upgrading layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap akan diprioritaskan percepatannya di wilayah yang sudah memiliki pemanfaatan layanan 4G/LTE yang merata dan matang,” tuturnya.

Perlu diketahui, upgrade sejalan dengan arahan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI untuk pengkajian penghapusan layanan 3G dengan tetap mempertimbangkan kesiapan layanan 4G/LTE yang merata serta memperhatikan kepentingan masyarakat secara umum. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS