Curah Hujan Tinggi, Kota Semarang Waspada Bencana Alam

Sulistya - Sabtu, 22 Januari 2022 20:48 WIB
Guna antisipasi cuaca ekstrem, Pemkot Semarang melakukan pengerukan sedimentasi sungai. (Jatengaja.com/dok/semarangkota.go.id)

Semarang, Jatengaja.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, curah hujan di Kota Semarang selama Desember 2021 hingga Januari 2022, cenderung tinggi yakni antara 200 – 400 mm.

Karena kondisi topografi wilayah Kota Semarang yang terdiri daerah perbukitan dan dataran rendah maka potensi tanah longsor, banjir, dan pohon tumbang sangatlah tinggi.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, Winarsono menyatakan, BPBD selalu siap siaga terhadap bencana yang bisa saja terjadi.

Ia dan jajarannya kerap melakukan pengecekan secara berkala terkait informasi cuaca dari BMKG, posisi curah hujan, dan durasi curah hujan di setiap wilayah.

“ Selain itu,, BPBD Kota Semarang melakukan rapat koordinasi untuk menentukan langkah tanggap darurat yang akan dilakukan,” tutur Winarsono dalam siaran persnya.

Dijelaskan, dari rapat koordinasi bersama stakeholder, OPD terkait, sekaligus para sukarelawan, telah diambil langkah untuk menyikapi musim penghujan ini. Di antaranya menyiapkan perlengkapan logistik dan peralatan lain yang diperlukan.

Kemudian membuat surat edaran kepada para camat yang diteruskan ke RT/RW untuk mengajak masyarakat mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan, merempel pohon-pohon yang mungkin tumbang, himbauan jangan membuang sampah sembarangan.

“Dan juga kenali potensi bencana yang ada di wilayahnya, serta selalu waspada jika terdapat sumbatan atau retakan yang berada di lingkungan tersebut,” ujarnya.

Selain itu, BPBD Kota Semarang juga menghimbau masyarakat untuk langsung melaporkan potensi darurat yang terjadi di wilayah tersebut melalui layanan Call Center 112 maupun nomor darurat BPBD (024) 6730212 agar segera ditindaklanjuti. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS