Tanggul Laut Kendal – Semarang – Demak Akan Tingkatkan Roda Ekonomi

Sulistya - Senin, 24 Januari 2022 22:17 WIB
Tiga kepala daerah, yakni Bupati Kendal, Bupati Demak, dan Wali Kota Semarang, berbincang siang membahas dampak positif pembangunan tanggul laut, Senin (24/1/2022). (Jatengaja.com/dok/kendalkab.go.id)

Semarang, Jatengaja.com – Pembangunan tanggul laut dari Laut Kendal - Semarang - Demak, diyakini dapat membantu permasalahan rob yang kerap terjadi di tiga wilayah tersebut.

Selain itu, pembangunan tanggul laut sekaligus jalan tol tersebut diyakini akan mampu menggerakan roda ekonomi.

Hal itu terungkap saat tiga tiga kepala daerah, yakni Bupati Kendal, Bupati Demak, dan Wali Kota Semarang, berbincang siang membahas dampak positif pembangunan tanggul laut, Senin (24/1/2022).

Acara Bernama Bincang Siang tersebut disiarkan secara streaming melalui kanal YouTube Suara Kota Wali. Adapun topik perbincangan, selain pembahasan tanggul laut juga membahas efek domino yang akan diberikan setelah pembangunan selesai.

Ketiga kepala daerah tersebut sepaham, bahwa adanya pembangunan tanggul Laut dapat membantu permasalahan rob yang kerap terjadi dan mampu menggerakan roda ekonomi.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, adanya tanggul laut diperkirakan dapat mengurangi terjadinya rob yang kerap terjadi di kawasan Semarang.

"Tentu permasalahan rob ini yang menjadi topik utama, namun jika ke depan tanggul laut telah jadi, tidak hanya rob, tetapi akses dari Semarang menuju Demak dapat memperlancar lalu lintas," kata Wali Kota Semarang.

Persoalan Rob

Adapun Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, beberapa daerah di Kendal terutama wilayah Kaliwungu hingga Bandengan atau yang berada di garis pantai kerab mengalami rob.

"Permasalahan rob memang sering dialami terutama yang memiliki garis pantai, harapan besar tentunya dengan program pemerintah tanggul laut ini mampu mengurangi titik rob yang ada di Kendal," tutur Dico.

Bupati Demak, Eisti'anah menuturkan, tanggul laut akan memberikan dampak pergerakan ekonomi pesat yang dapat diwujudkan dengan kolaborasi antardaerah.

"Hal ini juga akan berdampak pada pergerakan ekonomi, apalagi ditambah kolaborasi antardaerah mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi," ujar Bupati Demak.

Beberapa fokus keunggulan yang diberikan dengan adanya tanggul laut di antaranya untuk kawasan Kabupaten Kendal, Dico M Ganinduto menyebut bahwa kawasan industri yang berada di Kendal akan semakin pesat mengingat akomodasi perjalan mampu semakin cepat.

Sedangkan bagi Kota Semarang, Hendrar Prihadi berencana melakukan pengembangan wisata gabungan dengan memanfaatkan adanya Tanggul laut yang menghubungkan 3 Daerah.

Adapun pengerjaan tol Semarang-Demak di wilayah Kota Wali pengerjaannya diperkirakan akan selesai akhir tahun ini.
Hendrar Prihadi Menambahkan, pembangunan tol di Kota Semarng direncanakan dimulai tahun ini dengan masa pengerjaan dua tahun. Dengan demikian, kemungkinan tahun 2023 atau 2024 akan rampung.

“Kalau tol sudah selesai, pasti akan bisa menahan air laut pasang," ujar Hendi. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS