Sandi Uno Target 2022 Cetak 1,1 Juta Lapangan Kerja Baru Pariwasata dan Ekonomi Kreatif

SetyoNt - Rabu, 29 Desember 2021 18:30 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat meninjau kesiapan "World Superbike" di Sirkuit Mandalika, NTB. (Dok. Kemenparekraf)

Jakarta, Jatengaja.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mematok target mencetak lapangan pekerjaan baru sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebanyak 1,1 juta pada tahun 2022.

Untuk mencapai target tersebut, Sandiaga Uno menyatakan, telah menyiapkan sejumlah program unggulan yang akan terus digerakan guna mendukung upaya penciptaan lapangan kerja baru sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saya optimistis tahun depan (2022) kita mampu menargetkan penciptaan 400.000 lapangan kerja baru yang berkualitas di sektor pariwisata,” katanya dalam jumpa pers, Senin, 27 Desember 2021.

Sedangkan di sektor ekonomi kreatif, Sandiaga Uno memperkirakan akan terjadi pertumbuhan yang luar biasa hingga 700 ribu lapangan kerja baru yang ditopang oleh sektor-sektor unggulan seperti kuliner, kriya, dan fesyen serta subsektor lainnya seperti aplikasi, permainan, dan televisi.

Lebih lanjut , Sandiaga Uno mengatakan ada program-program strategis yang akan dijalankan tiap-tiap kedeputian, termasuk program-program yang sudah dijalankan pada 2021 yang mana akan terus dilanjutkan sesuai kebutuhan dan kondisi pandemi COVID-19 tahun depan.

Program-program unggulan pada 2021 akan kembali dilanjutkan pada 2022 dalam bingkai 3G yakni Gerak Cepat (Gercep), Gerak Bersama (Geber) dan Garap Semua Potensi Lapangan Kerja (Gaspol) pada tahun depan.

Program Gercep bisa dimulai dari Bantuan Insentif Pemerintah (BIP), Bantuan Pemerintah Bagi Usaha Pariwisata (BPUP), Insentif Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Film, Stimulus Bangga Buatan Indonesia (BBI), Reaktivasi Industri Pariwisata dan Fasilitasi Nakes (PEN Nakes), serta Sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE).

“Untuk Geber itu ada Program Vaksinasi COVID-19, Beli Kreatif Danau Toba, dan Spice Up The World," papar Sandiaga Uno.

Selanjutnya, dalam bingkai melalui Pengembangan Desa Wisata, Pengembangan Kabupaten/Kota (KATA) Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), serta Santri Digitalpreneur.

Sandiaga Uno menuturkan, berbagai program tersebut menjadi bekal bagi Kemenparekraf untuk dapat menghadirkan program dan bantuan pada sektor-sektor yang paling membutuhkan secara adil, tepat, dan merata di tahun depan.

"Kita yakin bahwa bahwa 2022 akan menjadi tahun yang sangat spesial di mana kita bisa menyatakan kepada dunia bahwa Indonesia siap untuk bangkit," katanya.

Target Devisa Rp24,2 Triliun

Sandiaga Uno juga menargetkan devisa pariwisata bisa mencapai US$1,7 miliar setara Rp24,2 triliun (asumsi kurs Rp14.237 per dolar AS) pada tahun 2022.

Kontribusi pariwisata terhadap Produk Domestik Bruto juga ditargetkan merangkak naik menjadi 4,3% pada 2022. Pada tahun 2020, kontribusi pariwisata terhadap PDB sebesar 4,05% pada 2020 dan tahun ini diperkirakan sebesar 4,2%.

"Kontribusi pariwisata terhadap PDB sudah mulai stabil. Di tahun depan diharapkan mencapai angka 4,3 persen dan nilai ekspor ekonomi kreatif ada di perbaikan yang cukup signifikan di US$21,28 miliar," ujarnya.

Dia mengatakan Kemenparekraf tahun depan juga akan meningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) hingga 3,6 juta orang. Angka ini cukup fantastis karena tahun ini kunjungan wisman masih melorot di angka 1,3 juta hingga Oktober 2021 atau anjlok 64,37% dari tahun lalu 3,7 juta orang.

Dia menyebut, wisman yang akan ditargetkan adalah Australia, sedangkan destinasi Batam dan Bintan akan menyasar wisman Singapura dan Malaysia, dengan syarat bisa mendapat fasilitas bebas visa kunjungan atau resiprokal.

Sementara, wisatawan nusantara yang menjadi andalan ditargetkan mencapai 260-280 juta pergerakan dan nilai tambah ekonomi kreatif mencapai Rp1.236 triliun. Selain itu, peringkat Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) berada di peringkat 36-39.

Sandiag Uno menambahkan, jumlah tenaga kerja pariwisata tahun depan juga ditargetkan meningkat menjadi 14,7 juta, nilai ekspor ekonomi kreatif sebesar US$21,28 miliar, nilai tambah ekraf Rp1,236 triliun, dan jumlah tenaga kerja ekraf sebesar 20,58 juta orang.

Tahun ini, jumlah tenaga kerja ekraf juga diproyeksi meningkat dari 19,39 juta orang pada 2020 menjadi 19,83 juta orang. Begitu pula nilai tambah ekraf diproyeksi senilai Rp1,191 triliun dengan proyeksi nilai ekspor ekraf mencapai US$20,58 miliar pada 2021.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Daniel Deha pada 29 Dec 2021

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS