Ratusan Anggota Polda Jateng Jalani Tes Swab Setelah Apel Pagi Untuk Deteksi Omicron

SetyoNt - Senin, 24 Januari 2022 18:03 WIB
Anggota Polda Jateng sedang menjalani tes swab di Mapolda Jateng di Jalan Pahlawan Semarang, Senin (24/1). (Jatengaja.com/dok. Humas Polda Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Ratusan anggota Polda Jawa Tengah (Jateng) menjali tes swab setelah apel pagi untuk mendeteksi secara dini penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Pelaksanaan tes swab dilakukan petugas Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jateng di halaman Mapolda Jateng Jalan Pahlawan Semarang, Senin (24/1).

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Dokkes Polda Jateng, Kombes Pol Sumy Hastry Purwanti kegiatan tes swab sebagai langkah deteksi dini guna mengantisipasi penyebaran varian Omicron di lingkup Polda Jateng.

“Dari hasil tes swab terhadap lebih dari 200 anggota Polda Jateng tidak ada yang positif,” ujarnya.

Bila dari hasil tes swab, didapati ada anggota Polda Jateng dengan hasil positif, lanjut Hastry maka penanganan yang dilakukan melihat kondisi dari yang bersangkutan.

Kalau gejalanya ringan bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah dengan kamar tersendiri dan taat protokol kesehatan (prokes). Tapi bila ada gejala atau punya komorbid maka penanganan diarahkan ke RS Bhayangkara.

“Menghimbau kepada seluruh anggota Polda Jateng serta masyarakat Jateng untuk tidak lengah dan mewaspadai varian Omicron. Kuncinya sederhana, selalu taat prokes dan menjaga kesehatan,” tandas Hastry.

Sementara, Kapolda Jateng melalui Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, kondisi kebugaran anggota Polri senantian dipantau setiap saat.

Selain dilakukan tes swab, saat ini juga pemberian vaksin booster ke seluruh anggota Polda Jateng sedang berjalan

“Kapolda menekankan anggota dalam bekerja di tengah masyarakat harus dalam kondisi sehat. Sebelum masyarakat sehat, anggota Polri yang bertugas harus sehat terlebih dulu,” ujar Iqbal.

Untuk menjaga kesehatan, imbuh Iqbal secara rutin angota Polda Jateng mengadakan kegiatan olah raga dan berjemur di pagi hari serta penerapan prokes.

“Kami berharap masyarakat bersama Polri dan stakeholder terkait dapat bahu membahu memberantas penyebaran Covid-19 di Jateng. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS