Raih Emas Sepak Bola SEA Games, Erick Thohir Sebut Bayar Utang Sejarah 32 Tahun

SetyoNt - Rabu, 17 Mei 2023 08:35 WIB
Raih Emas Sepak Bola SEA Games, Erick Thohir Sebut Bayar Utang Sejarah 32 Tahun (Jatengaja.com/dok.pssi.org)

Jatengaja.com - Setelah menanti cukup lama selama 32 tahun, Timnas Indonesia akhirnya bisa meraih medali emas pada cabang sepa bola ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

Medali emas diraih setelah Timna U-22 Indonesia menghajar timnas Thailand dengan skor 5-2 pada final sepak bola SEA Games di Stadion Olimpiade Phnom Penh Kamboja, Selasa (16/5) malam.

Timnas Indonesia terakhir kali meraih medali emas sepak bola pada ajang SEA Games pada 1991 setelah mengalahkan Thailand dengan skor 4-3 melalui tendangan adu pinalti.

Menanggapi medali emas ini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengucap syukur karena Indonesia bisa membayar utang sejarah meraih emas SEA Games yang terakhir kali diraih pada 32 tahun silam.

“Alhamdulillah, penantian kita selama 32 tahun untuk menyaksikan tim sepak bola Indonesia juara terwujud hari ini. Terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih, dan ofisial. Kami persembahkan emas ini bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Erick seusai laga final dilansir dari pssi.org, Rabu (17/5).

Erick Thohir yang juga Menteri BUMN memberi apresiasi atas seluruh keringat, kerja keras, hingga pengorbanan yang dilakukan oleh skuat tim U-22 mulai dari pemain, pelatih, hingga staf beserta ofisial.

Seusai laga Erick Thohir pun langsung melapor ke Presiden Jokowi serta menyampaikan terima kasih pada Presiden Jokowi yang secara total mendukung penuh tim U-22 sejak awal.

"Terima kasih bapak Presiden. Ini adalah misi yang memang sejak awal pak Presiden sangat serius mendorong agar sepak bola Indonesia bisa berprestasi. Alhamdulillah akhirnya misi dan penantian juara terwujud hari ini,” tandasnya.

Erick mengaku terharu melihat para pemain jatuh bangun dan tak mengenal lelah sepanjang laga. Indonesia telah dibuat bangga oleh perjuangan, pengorbanan, dan keteguhan mental pemain hingga pluit akhir.

Menurut Erick hasil ini adalah titik awal perjalanan tim sepakbola Indonesia untuk menggapai asa lebih tinggi tingkat dunia.

"Emas SEA Games ini akan menjadi titik awal. Timnas akan terus meningkatkan diri, mengasah kemampuan. Karena target kita bukan berhenti di Kamboja. Tapi Kamboja adalah awal dari perjalanan sepakbola kita untuk menggapai asa yang lebih tinggi di level yang lebih tinggi pula,” ujarnya.

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS