Berikut Laba-Laba Paling Mematikan di Dunia

Sulistya - Selasa, 16 Mei 2023 21:57 WIB
Laba-laba jaring corong Sydney (Atrax robustus) (Live Science)

Jakarta, Jatengaja.com - Di bumi ini, semua jenis laba-laba memiliki bisa. Diketahui, ada hampir 43.000 spesies laba-laba yang diketahui di Bumi.

Dari puluhan ribu laba-laba tersebut, hanya 25 spesies yang diketahui telah membunuh atau menyebabkan kerusakan serius pada manusia.

Lantas laba-laba apa yang paling mematikan?

Laba-laba paling mematikan, atau paling tidak yang paling sering disebutkan sebagai penyebab kematian atau cedera serius pada manusia, adalah laba-laba jaring corong (Atrax), laba-laba punggung merah dan janda hitam (Latrodectus), laba-laba pisang dan pengembara (Phoneutria), dan laba-laba pertapa ( Loxosceles).

Tetapi meski laba-laba ini memiliki racun yang kuat dan taring yang siap menusuk kulit, mereka tidak terlalu berbahaya bagi manusia.

Dikutip dari www.trenasia.com, The American Association of Poison Control Centers (AAPCC) melacak hanya satu kematian yang disebabkan oleh gigitan laba-laba di Amerika pada tahun 2021. Sedangkan Australia, rumah bagi beberapa laba-laba paling berbisa di dunia, belum melaporkan kematian gigitan laba-laba tunggal sejak 1980-an

"Sangat jarang bertemu laba-laba yang mematikan," kata Rick Vetter, seorang pensiunan peneliti dari Departemen Entomologi di University of California yang penelitiannya berfokus pada laba-laba, dikutip Live Science Senin 15 Mei 2023.

Laba-laba jaring corong menempati urutan teratas laba-laba paling mematikan, jika melihat pada tingkat racunnya. Berasal dari Australia, laba-laba ini memiliki racun yang sangat kuat sehingga gigitannya dapat membunuh dalam hitungan menit.

"Yang paling mematikan mungkin laba-laba jaring corong dan kerabatnya. Laba-laba jaring corong Sydney (Atrax robustus) dapat membunuh balita dalam waktu sekitar 5 menit dan anak berusia 5 tahun dalam waktu sekitar 2 jam," kata Vetter.

Meskipun tidak ada yang meninggal karena laba-laba ini sejak munculnya antivenom pada 1980-an, sulit membayangkan balita menerima pengobatan segera untuk pulih dari gigitan jaring corong.

Racun Lambat

Laba-laba phoneutria, yang paling umum sering disebut sebagai laba-laba pisang atau laba-laba pengembara, berasal dari Brasil dan memiliki racun yang paling aktif secara neurologis dari laba-laba mana pun. Tetapi peringkat mereka sedikit lebih rendah dalam daftar laba-laba paling mematikan di dunia. Ini karena racun mereka bekerja relatif lambat hingga memberikan banyak waktu untuk perawatan.

Dan laba-laba Loxosceles, yang paling dikenal adalah pertapa cokelat (L. reclusa) yang ditemukan di Amerika. Jenis ini mungkin merupakan salah satu penyebab paling umum cedera terkait laba-laba. Gigitannya menyakitkan dan dapat menyebabkan nyeri tubuh dan demam serta memerlukan waktu berbulan-bulan untuk sepenuhnya menyelesaikan pengobatan. Tapi mereka sangat jarang mematikan.

Satu-satunya genus yang membuat jaring corong benar-benar mematikan adalah Latrodectus, yang mencakup redback Australia (Latrodectus hasselti) dan laba-laba janda hitam yang lebih dikenal di Amerika.

Laba-laba ini memiliki sedikit keunggulan karena mereka menggigit manusia lebih sering daripada laba-laba jaring corong, dengan racun yang sebanding. "Spesies paling berbisa (laba-laba jaring corong Sydney, laba-laba pengembara Brasil) tidak membunuh atau berdampak pada banyak orang," kata Linda Rayor, seorang ahli ekologi perilaku di Universitas Cornell yang berfokus pada laba-laba, kepada Live Science. "Janda hitam yang lebih tersebar luaslah yang akan menjadi bintang ceritamu."

Penting untuk dicatat bahwa, meskipun laporan tahunan AAPCC menunjukkan statistik gigitan laba-laba, tidak mudah untuk mendapatkan pegangan nyata tentang mortalitas atau morbiditas gigitan laba-laba.

"Sejumlah kematian manusia setiap tahun dikaitkan dengan laba-laba," Rod Crawford, kurator arakhnida di Museum Burke di Universitas Washington di Seattle. "Namun, dari sudut pandang ilmiah, hampir tidak ada atribusi yang berbasis bukti." (-)

Editor: Sulistya
Bagikan

RELATED NEWS