Pupuk Indonesia Gelar Diskon 40% Pembelian Pupuk Non Subsidi di Demak

SetyoNt - Jumat, 02 Februari 2024 08:39 WIB
Direktur Keuangan PT Pupuk Indonesia (Persero), Wono Budi Tjahjono (dua dari kiri) secara simbolis pupuk kepada petani pada Gebyar Diskon Pupuk di Demak. (Jatengaja.com/Istimewa)

Demak, Jatengaja.com - Pupuk Indonesia menggelar Gebyar Diskon Pupuk dengan memberikan diskon sebesar 40% untuk pembelian pupuk non subsidi kepada petani di Kabupaten Demak.

PT. Pupuk Indonesia (persero) memberikan diskon sebesar 40% untuk pembelian satu paket 25 kg pupuk NPK dan 25 kg pupuk urea. Dari harga Rp450 ribu menjadi Rp270 ribu.

Adanya diskon pembelian pupuk itu disambut antusian ribuan petani dari berbagai wilayah Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng) pada, Kamis (1/2/2024).

“Kami menyediakan sebanyak 5.000 kupon pembelian diskon pembelian pupuk untuk para petani di Kabupaten Demak,” kata Direktur Keuangan PT Pupuk Indonesia (Persero), Wono Budi Tjahjono kepada wartawan di sela acara Gebyar Diskon Pupuk di Demak.

Program Gabyar Diskon Pupuk lanjut Wono digelar di sejumlah kabupaten dan kota penghasil beras cukup besar di pulau Jawa yakni Jawa Tengah, JawaTimur, dan Jawa Barat.

Untuk wilayah Jawa Tengah (Jateng) selain di Demak antara lain juga digelar di Banjarnegara, Temanggung, Brebes, dan Batang.

“Kabupaten Demak dipilih karena kontribusinya terhadap stok beras nasional cukup signifikan,” ujarnya.

Menurut Wono, program Gebyar Diskon Pupuk merupakan kelanjutan dari program one day promotion di kios yang digelar di tiap regional menjelang musim tanam.

Setelah adanya el nino, petani membutuhkan banyak pupuk, maka digelar progam Gebyar Diskon Pupuk di kabupaten dan kota penghasil padi tinggi di Jawa dengan diskon 40 persen.

“Jadi ini untuk mendukung petani agar dapat menghasilkan panen padi maksimal sehingga penjualan pupuk non subsidi diberikan diskon 40 persen,” ujarnya.

Menanggapi adanya kelangkaan pupuk, Wono menyatakan kalau berkaitan dengan pupuk subsidi memang jumlahnya terbatas, namun bila mau membeli pupuk non subsidi tersedia.

“Kalau konteksnya pupuk secara keseluruhan, tak hanya pupuk subsidi, insya Allah kita siap. Secara total persedian kita secara nasional sebanyak 1,2 juta ton pupuk,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kebupaten Demak, Agus Herawan menyampaikan terima kasih kepada Pupuk Indonesia yang menggelar program Gebyar Diskon Pupuk di Demak.

“Alhamudulillan Demak terpilih, karena tidak semua daerah di Jawa Tengah diadakan Gebyar Diskon Pupuk. Kami harapkan 5.000 kupon yang disediakan bisa habis dibeli petani,” katanya.

Agus berharap kegiatan Gebyar Diskon Pupuk tahun depan bisa diadakan lagi, karena sangat membantu para petani.

“Demak menempati ranking keempat penyumbang beras di Jawa Tengah. Adanya diskon pupuk membantu para petani,” ujarnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS