Puluhan Guru Bahasa Inggris Ikuti Workshop

Sulistya - Rabu, 23 Agustus 2023 20:21 WIB
Para guru mata pelajaran Bahasa Inggris mengikuti workshop di SMP IT Izzatul Islam Getasan, Kabupaten Semarang, Selasa (22/8).

Semarang, Jatengaja.com – Puluhan guru mata pelajaran Bahasa Inggris mengikuti workshop di SMP IT Izzatul Islam Getasan, Kabupaten Semarang, Selasa (22/8).

Workshop diadakan Pengurus MGMP bekerjasama dengan alumni pelatihan Regional English Language Office (RELO) US Embassy Jakarta di Sub Rayon 07 Kabupaten Semarang. Adapaun kegiatan dikemas dengan penyampaian materi dan praktik.

Workshop dihadiri oleh lima fasilitator dari beberapa sekolah dan universitas. Di antaranya Ahmad Samingan MPd (Dosen UIN Salatiga), Indah Safitri SPdI (SMPIT Nurul Islam), Durotun Muawanah MPd (SMP Neger 2 Salatiga), Nurwachid MPd (MTs SA Manbaul Qur’an), dan Nurkhamim (MTs Negeri Salatiga).

Secara bergantian fasilitator memberikan simulasi pembelajaran Bahasa Inggris yang menarik. Pembelajaran dikemas dengan menarik diselingi game dan interaksi antarpeserta. Tema yang diambil dalam workshop kali ini, yaitu “Using PPP Framework for Fun and Effective English Teaching”.

Salah satu fasilitator, Durotun Muawanah mengatakan, sebelumnya para fasilitator telah mengikuti langsung pelatihan dari RELO US Embassy Jakarta di Bali, Juni 2023 lalu. Mereka bisa terpilih dalam pelatihan tersebut karena mengikuti proses seleksi yang ketat. Pascapelatihan, para peserta mendapat tugas untuk mengimbaskan ilmunya kepada guru lain.

“Hari ini kami, para alumni pelatihan guru Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh RELO US Embassy Jakarta melaksankan tugas untuk mengimbaskan pelatihan yang kami dapat kepada guru lainnya. Tentu, pelatihan ini sangat bermanfaat guna mengupgrade skill mengajar Bahasa Inggris di era implementasi kurikulum Merdeka,” kata Durotun Muawanah.

Ketua MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Semarang Sub Rayon 07, Ranti Ekawati mengaku senang dan berterima kasih atas sharing ilmu tentang pembelajaran Bahasa Inggris yang menarik bagi anggota MGMP. Secara berkala, anggota MGMP Bahasa Inggris menggelar pertemuan secara anjansana untuk menjalin silaturahim dan saling menginspirasi.

“Atas nama pribadi dan Pengurus MGMP, kami mengucapkan terima kasih kepada para fasilitator yang telah berkenan berbagi ilmu. Insya Allah, workshop yang disampaikan akan bermanfaat bagi anggota serta kami berharap akan meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di kelas masing-masing,” kata Ranti Ekawati. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS