Presiden Jokowi Lakukan Groundbreaking Pembangunan Nasional TC Sepak Bola di IKN Kalimantan Timur

SetyoNt - Sabtu, 23 September 2023 10:01 WIB
Presiden Jokowi (dua dari kanan) Lakukan Groundbreaking Pembangunan Nasional TC Sepak Bola di IKN Kalimantan Timur (Jatengaja.com/dok.pssi.org)

Kalimantan, Jatengaja.com - Pembangunan national training center (TC) sepak bola di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dimulai ditandai dengan groundbreaking atau peletakan batu pertama.

Peletakan batu pertama dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan sejumlah menteri di IKN Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023).

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim groundbreaking national training center IKN secara resmi saya nyatakan dimulai,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyampaikan TC sepak bola IKN tak sekadar tempat berlatih, melainkan juga menjadi pusat inovasi pengembangan sepak bola dan memfasilitasi riset dan pengujian teknologi terbaru dalam sepak bola Indonesia.

Kepala Negara menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan dengan pendanaan FIFA Forward yang terbesar di Asia Tenggara sebesar Rp85,6 miliar kepada PSSI.

“Juga dukungan dari pemerintah juga tidak kecil, sebesar Rp95 miliar yang sudah disetujui Menteri Keuangan, nanti kalau kurang ditambahi lagi sehingga TC ini segera bisa diselesaikan,” ujar Presiden Jokowi dilansir dari pssi.org.

Presiden Jokowi optimistis kehadiran TC di IKN dengan adanya manajemen yang baik, sarana dan prasarana yang memadai, serta kecintaan besar masyarakat ke sepak bola, timnas tidak hanya juara di Asia Tenggara, tapi juga segera mendunia.

Sementara, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan impian pembangunan TC sepak bola di IKN tak lepas dari dorongan dan kepercayaan Presiden Jokowi dan komitmen FIFA.

“Ini cita-cita lama yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat pecinta sepak bola, di mana kita akhirnya bisa membuat sejarah memiliki TC buat tim nasional sepak bola yang terpadu,” ujarnya.

Erick Thohir menyampaikan FIFA telah memberikan bantuan senilai Rp85,6 miliar untuk pembangunan TC fase pertama untuk dua lapangan, tempat penginapan untuk para pemain, dan pelatih, juga ruang ganti. "Ini pertama kali sebagai FIFA memberikan hibah sebesar ini ke sebuah negara," ucap Erick.

Erick mengatakan pembangunan TC seluas 34,5 hektar ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait infrastruktur pendukung dan dan pembebasan lahan senilai Rp90 miliar melalui APBN.

Untuk fase dua, lanjut Erick, akan ada pembangunan delapan lapangan, dengan rincian lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan latihan tertutup, satu lapangan beach football, dan juga fasilitas pendukung lainnya seperti kolam renang hingga sport science.

“Pembangunan TC yang rencananya dilakukan dalam waktu delapan bulan akan dipercepat menjadi enam bulan,” tandasnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS