Polda Jateng Akan Amankan Tahapan-Tahapan Pemilu 2024

SetyoNt - Jumat, 10 Februari 2023 18:59 WIB
Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi (tiga dari kiri) menyatakan Akan Amankan Tahapan-Tahapan Pemilu 2024 (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah akan melakukan pengamanan tahapan-tahapan Pemilu 2024, termasuk kantor penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu di seluruh Jawa Tengah.

Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Ahmad Luthfi menyatakan Polri dan TNI menjadi tulang punggung keamanan sehingga sekecil apapun konflik yang timbul dalam tahapan pemilu harus bisa diselesaikan dengan tepat.

“Tahapan Pemilu menjadi tanggung jawab kita mulai dari percetak surat suara, pendistribusian sampai penghitungan suara. Serta kantor personil penyelenggara pemilu,” kata Kapolda Jateng pada penandatanganan nota kesepahaman “Sinergitas Pelaksanaan Tugas dan Fungsi dalam Penyelenggaraan dan Pengamanan Pemilu Tahun 2024 di Wilayah Jawa Tengah” antara Polda Jateng dan KPU Jateng di Semarang, Jumat (10/2/2023).

Pengamanan Pamilu 2024 serentak, lanjut Kapolda Jateng tidak mudah karena waktunya yang panjang dari mulai pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, legislatif, presiden, dan pemilihan kepala daerah (pilkada).

“Kapolres dan Kapolresta harus bertanggungjawab terhadap pengamanan wilayah masing-masing, karena tidak akan ada bantuan pengamanan dari luar wilayah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Kapolda Jateng dengan Ketua KPU Jateng, Paulus serta Bawaslu Jateng dengan Kejaksaan Tinggi Jateng.

Sementra Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dalam kesempatan sama mendorong semua stakeholder yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) hingga Polda Jateng, agar mematangkan persiapan Pemilu 2024 di Jateng.

Termasuk tentang pelaksanaan tugas dari masing-masing stakeholder yang berperan dalam penyelenggara Pemilu agar pelaksanaan Pemilu 2024 diharapkan dapat berjalan lancar.

“Pesta demokrasi lima tahunan ini mesti dirasakan seluruh masyarakat dengan prinsip Langsung Umum Bebas Rahasia Jujur dan Adil,” kata Ganjar. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS