Pj Gubernur Jateng Pantau Kondisi Perusahaan dan Ketenagakerjaan Sido Muncul dan SCI

SetyoNt - Rabu, 03 Juli 2024 22:40 WIB
Pj Gubernur Jawa Tengah saat mengunjungi PT Sido Muncul di Kabupaten Semarang. (jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah melakukan pemantauan perkembangan sejumlah perusahaan dan ketenagakerjaan di Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga.

Perusahaan yang dikunjungi Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng) adalah PT Sido Muncul di Kabupaten Semarang dan PT Selalu Cinta Indonesia (SCI) di Kota Salatiga, Rabu, 3 Juli 2024.

Menurut Nana berdasarkan pengamatannya, dua industri berskala besar PT Sido Muncul dan PT Selalu Cinta Indonesia terbilang baik. Indikatornya adalah market ekspor yang luas.

PT Sido Muncul dengan produk herbalnya, melakukan ekspor ke 25 negara dan PT SCI dengan produk alas kakinya melakukan ekspor ke 60 negara.

Seiring dengan market global yang besar, kebutuhan tenaga kerjanya juga tinggi. Di PT Sido Muncul, saat ini menyerap hampir 3.500 karyawan. Sementara di PT SCI serapannya mencapai 18.500 karyawan.

Kedua perusahaan tersebut juga memberikan gaji di atas Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di daerah masing-masing. Termasuk, kondisi kesehatan dan keselamatan kerjanya juga diperhatikan.

"Ini menunjukkan kondisi kedua perusahaan tersebut sehat, karena memberikan perhatian betul kepada karyawan," tuturnya.

Nana mengaku, senang melihat perkembangan dua perusahaan tersebut, karena menyerap banyak tenaga kerja, sehingga mengurangi angka pengangguran.

“Berharap, banyak perusahaan yang menanamkan investasinya di Jateng. Kami akan terus menjaga iklim usaha yang nyaman baik untuk investor maupun tenaga kerja,” ujarnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS