60 Karyawan Baru BPR Arto Moro Ikuti Champion Building Camp 2024

Sulistya - Rabu, 03 Juli 2024 18:41 WIB
Karyawan baru BPR Arto Moro mengikuti kegiatan Champion Building Camp 2024 yang berlangsung selama tiga hari, 27-29 Juni 2024, di barak militer Bantir, Sumowono, Kabupaten Semarang.

Semarang, Jatengaja.com - Pascapengesahan UU Nomor 4 tahun 2023, industri BPR/BPRS dihadapkan pada serangkaian tantangan dan peluang.

Beberapa peluang tersebut antara lain kesempatan untuk memperluas kegiatan usaha, kerjasama dengan pihak lain, ikut serta dalam lalu llintas pembayaran, memasarkan produk asuransi, memperkuat infrastruktur digital dan memperkuat permodalan melalui IPO (Initial Public Offering).

Berbagai peluang yang ditawarkan UU P2SK tersebut akan dapat dioptimalkan untuk mendukung tugas utama perbankan (main core) yaitu fungsi intermediasi, penghimpunan dana, dan penyaluran dana kepada masyarakat, apabila BPR/BPRS mempunyai kelembagaan dan sumber daya manusia yang baik.

Sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) agar tercipta karyawan yang disiplin, kreatif, dan tangguh sehingga mampu memenangkan persaingan yang semakin ketat, BPR Arto Moro mengadakan kegiatan Champion Building Camp selama 3 hari dari tanggal 27-29 Juni 2024.

Kegiatan diikuti 60 karyawan baru BPR Arto Moro tersebut dimaksudkan untuk membentuk karakter, kedisiplinan, kepemimpinan, loyalitas, ketangkasan serta memupuk kekompakan dan kerjasama tim. Champion Building Camp tersebut diadakan di barak militer Bantir, Sumowono.

Kegiatan diawali dengan pelepasan peserta di halaman kantor pusat BPR Arto Moro, Jl Elang Raya No 99, Semarang oleh Direktur Utama BPR Arto Moro, Darmawan SSos MM. Hadir Pemegang Saham Pengendali (PSP) sekaligus Komisaris Utama, Prof Dr H Subyakto SH MH MM.

Peserta kemudian berangkat ke Bantir, Sumowono dengan menggunakan armada khusus. Setelah tiba di Bantir, Sumowono, rangkaian acara dimulai dengan upacara pembukaan sekaligus penyerahan tim peserta Darmawan kepada tim pelatih.

Dalam sambutannya, Darmawan mengatakan bahwa sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk terus menumbuh dan berkembang dengan aset sudah mencapai lebih dari Rp 1 Triliun, BPR Arto Moro membutuhkan karyawan yang semakin banyak, semakin kompeten, semakin tangguh, semakin militan, dan semakin berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah dan masyarakat.

‘‘BPR Arto Moro sudah membuat Rencana Strategis (Renstra) hingga tahun 2029 di mana aset diproyeksikan mencapai Rp 12 Triliun. Untuk itu, diperlukan ketersediaan SDM dengan jumlah dan kompetensi yang mumpuni. Karyawan baru Batch I-2024 ini kami bekali dengan nilai disiplin, loyalitas, semangat pantang menyerah, dan kerjasama tim agar berhasil melaksanakan tugas pekerjaannya nanti,” katanya.

Darmawan menambahkan, selain kegiatan fisik tersebut, karyawan baru nantinya kuga akan diberikan pelatihan selama 2 minggu sebelum mulai terjun ke lapangan. Kegiatan pembentukan karakter dan soliditas kerjasama tim di Bantir ini, menurut Darmawan, merupakan strategi dan bagian dari upaya pelatihan dan pengembangan SDM BPR Arto Moro.

‘‘Setelah mengikuti pelatihan di Bantir dan nantinya in house training di perusahaan, kami harapkan akan semakin tercipta team force yang tangguh, berkarakter, loyal, dan menjiwai nilai-nilai kecintaan terhadap perusahaan. Dengan loyalitas dan integritas yang baik maka akan tercipta produktifitas yang tinggi yang akan mampu menopang Renstra BPR Arto Moro menjadi BPR terbaik di Jawa Tengah,’’ ujar Darmawan.

Mental Kuat

Dalam upacara pelepasan peserta BPR Arto Moro Champion Building Camp 2024, Pemegang Saham Pengendali (PSP) sekaligus Komisaris Utama, Prof Subyakto memberikan motivasi kepada para peserta agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan penuh semangat.

‘‘Kami memandang kegiatan ini akan membawa dampak positif bagi para karyawan baru. Berlatih dengan tim pelatih akan sangat bagus bagi disiplin, loyalitas, dan kerjasama para karyawan. Harapan kami, sepulang dari pelatihan ini, karyawan baru akan kompak, menyatu sehingga mampu melaksanakan penugasan yang diberikan oleh perusahaan dengan baik,’’ kata Prof Subyakto.

Adapun tim pelatih BPR Arto Moro Champion Building Camp 2024 mengatakan, materi pelatihan dalam kegiatan tersebut dirancang untuk melatih disiplin dan kerja sama karyawan baru BPR Arto Moro.

Materi yang diberikan tim pelatih pada kegiatan tersebut antara lain materi wawasan bela negara, pelatihan kedisiplinan melalui latihan baris berbaris, materi outbond untuk melatih kekompakan, dan kerja sama tim, latihan petualangan alam untuk melatih kekuatan mental.

Harapannya, karyawan baru BPR Arto Moro akan tumbuh menjadi lebih tangguh, disiplin, mempunyai jiwa loyalitas dan semangat korsa untuk menjalankan dan mensukseskan setiap misi yang diberikan perusahaan.

Bagi karyawan baru BPR Arto Moro, rangkaian kegiatan BPR Arto Moro Champion Building Camp 2024 tersebut dirasakan sangat berkesan dan memberikan banyak pelajaran dan pengalaman berharga. Salah satu karyawan, Risa Diftania, mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya dilatih bagaimana menghadapi dan menyelesaikan masalah secara individu maupun kelompok, membangun kerjasama dan solidaritas tim, serta mengatasi rasa takut. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS