BI Gelar Forum PUSAKA 2024 untuk Dukung Jateng sebagai Penumpu Pangan dan Industri Nasional

SetyoNt - Rabu, 03 Juli 2024 16:19 WIB
BI Jateng Gelar Forum PUSAKA 2024 untuk Dukung Jateng sebagai Penumpu Pangan dan Industri Nasional. (jatengaja.com/dok. BI Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Tengah menggelar Road to Forum Perumusan Analisis dan Rekomendasi Kebijakan (PUSAKA) 2024.

Kegiatan Forum PUSAKA 2024 mengangkat tema “Mewujudkan Jawa Tengah sebagai Penumpu Pangan dan Industri Nasional yang Maju, Sejahtera, Berbudaya, dan Berkelanjutan.”

Forum PUSAKA yang diselenggarakan untuk ketiga kali, merupakan ajang kolaborasi pemerintah, pelaku usaha, akademisi, dan berbagai stakeholders untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, serta merumuskan rekomendasi solusi yang aplikatif melalui diskusi panel dan kompetisi karya tulis ilmiah.

Gelaran kegiatan Road to Forum PUSAKA Jateng menjadi pembuka seluruh rangkaian Forum Pusaka Jateng 2024, yang terdiri dari penyampaian proposal Call for Paper, Workshop Finalis Proposal Call for Paper, serta acara puncaknya pada bulan November mendatang.

“Forum PUSAKA Jateng merupakan forum diskusi membahas tentang perkembangan perekonomian terkini, dampak isu strategis terhadap perekonomian Jawa Tengah, serta perumusan rekomendasi kebijakan untuk mengatasi berbagai isu strategis,” Deputi Kepala Perwakilan BI Jawa Tengah (Jateng), Ndari Surjaningsih pada pembukaan Forum PUSAKA di Hotel Gumaya Semarang, Selasa (2/7).

Hadir dalam pembukaan acara Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng, Sumarno, S.E, M.M, dan Ketua Bidang Kerja Sama dan Pendanaan ISEI Semarang Koordinator Jawa Tengah, Prof. Dr. Ir. Kesi Wijayanti, S.E, M.M.

Sekda Jateng, Sumarno menyatakan dalam mewujudkan visi pembangunan Jateng 2025-2045 yakni sebagai penumpu pangan dan industri nasional yang maju, sejahtera, berbudaya, dan berkelanjutan, diperlukan masukan dari banyak pihak.

Supaya kedua sektor, yang sepertinya saling bertentangan tersebut, dapat tumbuh bersama dan beriringan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah.

“Melalui kegiatan Forum PUSAKA Jateng ini diharapkan dapat memberikan masukan dan rekomendasi untuk mewujudkan visi pembangunan Jateng 2025-2045,” harapnya.

Sebagai rangkaian dari road to Forum PUSAKA Jateng, dilaksanakan seminar mengusung tema “Harmonisasi Sektor Industri Pengolahan dan Pertanian untuk Pertumbuhan Jawa Tengah Berkelanjutan.”

Sebagai narasumber seminar Ketua Bidang Kerja Sama dan Pendanaan ISEI Semarang Koordinator Jateng, Prof. Dr. Kesi Widjajanti, Ekonom Ahli Kantor Perwakilan BI Jateng, Oki Hermawan, Perencana Ahli Madya Bappeda Jateng, Dr. Erna Widijastuti, S.TP., M. Agribus, dan Koordinator Agro Jateng dan DIY PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Ahmad Rizqan, dengan moderator Business Journalist, Clara Antawidjaja. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS