Pertamina Jamin Ketersediaan BBM di Jalur Tol Trans Bagi Pemudik Lebaran 2022

SetyoNt - Selasa, 26 April 2022 14:38 WIB
Konsumsi Pertamax Series di Jateng dan DIY pada H+3 Lebaran Meningkat Tajam hingga 94% (Jatengaja.com/Istimewa)

Semarang, Jatengaja.com - Bagi pemudik Lebaran yang menggunakan kendaraan pribadi melalui jalur tol Trans Jawa tak perlu khawatir terhadap ketersediaan bahan bakar minyak (BBM).

Pertamina memastikan seluruh fasilitas pengisian BBM yang ada di jalur Tol Trans Jawa, Jakarta-Surabaya telah siap beroperasi untuk melayani kebutuhan pemudik Lebaran 2022.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho menyatakan, jalur Tol Trans Jawa menjadi salah satu jalur mudik utama yang menjadi fokus perhatian Pertamina.

“Kami memastikan ketersediaan BBM di jalur Tol Trans Jawa dan telah mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM di jalur tersebut,” katanya dalam rilis, Senin (25/4).

Menurut Brasto di jalur tol Trans Jawa ada 7 SPBU reguler yang tersedia yakni tiga SPBU di Ruas Tol A (Jakarta menuju Surabaya), yaitu di KM 379, KM 429, dan KM 519 dan empat SPBU di Ruas Tol B (Surabaya menuju Jakarta), yaitu di KM 519, KM 389, KM 360, dan KM 260.

Untuk rest area yang tidak tersedia SPBU juga tersedia16 titik layanan pengisian BBM tambahan berupa Pertashop dan SPBU Modular, yang khusus beroperasi sejak 20 April hingga 11 Mei 2022.

SPBU itu sebanyak 10 di Ruas Tol A, yaitu di KM 252, KM 275, KM 287, KM 338, KM 379, KM 391, KM 456, KM 487, KM 519, dan KM 538 serta 6 titik lainnya di Ruas Tol B, tepatnya di KM 538, KM 519, KM 487, KM 456, KM 294, dan KM 282.

“Apabila dibutuhkan, motoris Pertamina yang sehari-hari bertugas dalam layanan Pertamina Delivery Service (PDS) juga akan kami kerahkan untuk memecah antrian pada saat pengisian BBM,” ujar Brasto.

Guna mengantisipasi apabila terdapat konsumen yang mengalami kehabisan BBM di tengah jalan tol, imbuh Brasto, Pertamina telah menyiapkan Mobil Siaga yang membawa BBM dalam bentuk kemasan.

Ada 3 Mobil Siaga yang disiapkan di 3 titik, yaitu di SPBU Exit Tol Tegal, SPBU Exit Weleri, dan SPBU Rest Area KM 519B. Konsumen hanya tinggal menghubungi Pertamina Call Center di nomor 135.

Selain itu telah menyiapkan stok tambahan dalam mobil tangki yang terisi penuh dan ditempatkan di beberapa titik SPBU yang disebut dengan SPBU Kantong untuk mengantisipasi adanya lonjakan kebutuhan.

Selain fasilitas pengisian BBM, imbuh Brasto juga menghadirkan layanan tambahan berupa posko kesehatan di beberapa titik tertentu di jalur mudik.

Posko Rumah Pertamina Siaga berada di 4 titik Tol Trans Jawa, di antaranya SPBU Rest Area KM 379A, KM 519A, KM 260B, dan KM 519B.

“Posko tersebut dapat dimanfaatkan oleh konsumen untuk beristirahat apabila merasa kelelahan selama perjalanan mudik,” ujarnya.

Brasto menambahkan, juga menyiagakan sejumlah layanan dan fasilitas pengisian BBM di jalur mudik reguler non tol di jalur Pantura, Selatan, Tengah, dan Pansela.

“Fasilitas dan layanan yang telah kamis siapkan di setiap jalur mudik reguler di antaranya SPBU, motoris, SPBU Kantong, hingga Rumah Pertamina Siaga. Konsumen dan masyarakat bisa menghubunyi Pertamina Call Center di nomor 135 atau aplikasi MyPertamina,” ujarnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS