KAI Sediakan Jatah 9.280 Unit Angkutan Motor Gratis Bagi Pemudik Lebaran 2022

SetyoNt - Senin, 25 April 2022 17:42 WIB
Visualisasi kereta milik PT KAI. Sumber, Kai.id (Brankas foto Trenasia)

Jakarta, Jatengaja.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan jatah 9.280 unit angkutan motor gratis bagi pemudik Lebaran 2022, guna mengurangi kepadatan arus lalu lintas di jalan raya.

Pendaftaran angkutan motor gratis KAI sudah dibuka sejak 22 April dan berakhir sampai 8 Mei 2022. Waktu pelaksanaan angkut motor gratis ini akan dimulai pada 26 April - 09 Mei 2022.

“KAI mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program angkutan motor gratis dan angkutan penumpang khusus peserta angkutan motor gratis agar bisa mengurangi penggunaan kendaraan roda dua untuk perjalanan mudik,” ujar VP Public Relations KAI, Joni Martinus yang dikutip dari situs resmi PT KAI pada Senin, 25 April 2022.

Adapun ketentuan dan daftar relasi perjalanan kereta api sebagai berikut:

Daftar relasi perjalanan KA yang dapat dibeli oleh para peserta angkutan motor gratis yaikni untuk Pasar Senen Jakarta - Semarang Tawang (pp) dan Relasi Pasar Senen - Purwosari Solo (pp)

Syarat untuk pembelian tiket angkutan motor gratis adalah :
1. Hanya berlaku bagi Peserta angkutan motor gratis
2. 1 motor berlaku untuk maksimal 3 tiket
3. Tiket penumpang berlaku sesuai relasi dan tanggal yang sama sesuai dengan perjalanan motis
4. Periode keberangkatan 26-30 April dan arus balik pada 5-9 Mei 2022
5. Pembelian langsung di seluruh stasiun yang melayani Motis (Stasiun Jakarta Gudang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, Lempuyangan, Klaten, dan Purwosari)
6. Tiket yang sudah dibeli tidak dapat dibatalkan dan diubah jadwal

Salah satu persyaratan lain untuk mengikuti program angkutan motor gratis adalah dengan menunjukkan tiket kereta, bus, atau travel. Dengan begitu para calon peserta dapat langsung membeli tiket kereta api dan mendaftarkan motornya untuk dikirimkan ke stasiun tujuan selama kuota untuk rute yang diinginkan masih tersedia.

Sampai dengan 22 April 2022 sebanyak 1.632 peserta angkutan motor gratis yang telah mendaftar. Adapun tanggal favorit untuk angkutan yaitu 27, 29, dan 30 April 2022 dengan relasi favorit Kutoarjo, Semarang Tawang dan Lempuyangan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Desi Kurnia Damayanti pada 25 Apr 2022

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS