Peringati Hari Batik Nasional, Solo Gelar Berkebaya Bersama Ibu Negara

SetyoNt - Sabtu, 01 Oktober 2022 23:27 WIB
event Hari Batik Nasioal diKota Solo (soloaja)

Solo, Jatengaja.com - Memperingati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2022, Kota Solo menggelar event ‘Berkebaya Bersama Ibu Negara’ yang akan dihadiri langsung Ibu Negara Iriana Jokowi.

Event ‘Berkebaya Bersama Ibu Negara’ didukungan penuh dari Ibu Negara Iriana Jokowi yang juga Istri Presiden Jokowi dalam upaya mengantarkan kebaya terdaftar dalam UNESCO. Even yang bekerjasama dengan Himpunan Ratna Busana (HRB) Solo akan dihadri Ketua DPR RI Puan Maharani dan seluruh istri gubernur se-Indonesia.

Dilansir dari Soloaja.co jaringan Jatengaja.com, kegiatan ‘Berkebaya Bersama Ibu Negera’ digelar dari Rumah Dinas Walikota Loji Gandrung hingga nDalem Wuryaningratan pada Minggu 1 Oktober 2022, mulai pukul 14.00 WIB. Ibu Negara Iriana Jokowi akan berjalan kaki bersama dengan 35 ibu berkebaya.

Sejumlah event memperingati Hari Batik Nasional juga digelar di Solo, antara lain Batik Keris bersama Perajin Batik di Heritage Batik Keris pada 1-5 Oktober dan di Loji Gandrung pada 2 Oktober 2022 yang dimeriahkan penyanyi cilik Farel Prayoga.

Ada pula Festival Laweyan dengan acara Nyanting Bareng Putra Putri Solo di Solia Zigna Laweyan, pada Sabtu 1 Oktober 2022, Solo Batik Music Festival yang digelar di Pamedan Pura Mangkunegara digelar 1-2 Oktober 2022, dengan menghadirkan artis dan musisi papan atas nasional, seperti Raisa, Ada Band, D’Masiv, Kangen Band, Jungkat Jungkit, Fiersa Besari, Tiara Andini dan Rizky Febian.

Solo Art Market digelar nDalem Doyoatmojo (eks Kodim barat Sriwedari) pada Minggu 2 Oktober 2022, Cerita Batikku Bersama Danar Hadi, digelar pada Sabtu 1 Oktober 2022, di nDalem Wuryaningratan Solo, akan menampilkan fashion show 7 keluarga inspiratif, salah satunya keluarga Gibran Rakabuming Raka.

Akan dihadiri pula artis / presenter cilik Mazaya, yang secara spesial mewawancarai Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Selain juga event Pameran 1.000 Motif Batik Kuno dan Kekinian di Kampung wisata Batik Kauman Solo, digelar selama dua hari 1-2 Oktober 2022, Solo Batik Fashion digelar pada 1-5 Oktober 2022, di dua lokasi yakni di Balaikota Surakarta dan Solo Paragon Mall. SBF akan menampilkan lebih dari 50 desainer dari dalam dan luar negeri. SBF ke 14 ini mengangkat tema Kisah Batik Tiga Negeri “Culture UNITY Adiluhung Pesona Bangsa”.

Solo Batik Carnival yang digelar di Jalan Jenderal Sudirman, Solo, mulai pukul 06.00 WIB hingga malam, serta Jiwa dan Semangatku Sajian tari jemparingan dan flash mob tari di Kamandungan Ketaron Surakarta Hadiningrat, Minggu 2Oktober 2022 pukul 16.00 WIB . Juga digelar pengkuhan Bedhaya dan peragaan busana karya Ratu GKR Pakoe Buwono. (-)

Tulisan ini telah tayang di soloaja.co oleh Kusumawati pada 01 Oct 2022

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS