Penyanyi Fadli Padi Punya Hobi Baru, Bermain Burung Merpati Kolong

SetyoNt - Selasa, 12 Oktober 2021 13:47 WIB
dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di rumah dinas gubernur Puri Gedeh Semarang, ((Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng))

Semarang, Jatengaja.com – Penyanyi group band Padi Reborn, Fadli ternyata mempunyai hobi baru di luar bermusik, yakni memelihara dan berternak burung merpati kolong.

Hobi baru pemilik nama lengkap Andi Fadly Arifuddin disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo saat berkunjung di rumah dinas gubernur di Puri Gedeh Kota Semarang, Senin (11/10) malam.

Menurut Fadli, sejak pandemi Covid-19 saat kegiatan bermusik berhenti, menekuni hobi baru, yakni ternak burung merpati kolong. Awal tertarik burung merpati, menurut Fadli, karena di dekat rumah banyak yang hobi burung merpati.

“Kemudian saya ingin belajar. Katanya kalau mau belajar serius itu harus berguru ke Jawa Tengah, karena pusatnya burung merpati kolong itu di Tegal dan Pekalongan. Kemudian saya datang dan ketemu dengan teman-teman ini,” katanya.

Fadli mengatakan suka dengan merpati kolong karena akrobatik yang ditunjukkan. Merpati kolong juga bisa dikatakan olahraga ketangkasan asli Nusantara.

Selain itu, saat kecil ayahnya juga sudah berkecimpung dengan dunia merpati dengan membudidayakan merpati hutan untuk kemudian dilepas liarkan kembali. Kisah masa kecilnya itu yang membuatnya terinspirasi.

“Saat saya ketemu teman-teman komunitas ini, mereka ternyata hebat-hebat dan pengen ketemu Pak Ganjar. Akhirnya malam ini bisa ketemu dan kami sangat senang sekali karena Pak Ganjar responnya luar biasa,” jelas Fadli.

Kepada Ganjar, Fadli juga mengatakan ingin membentuk komunitas resmi pecinta merpati kolong. Sebab selama ini, pecinta merpati kolong belum memiliki wadah yang sesuai.

Merpati kolong lanjut Fadli bukan hobi yang biasa, sebab perlu ketangkasan, keuletan dan ada tata cara merawatnya. Harganya juga mahal, salah satu temannya, yang berhasil menjual merpati kolong seharga Rp1,5 miliar.

"Jadi ini memang bukan hobi sembarangan, karena semuannya ada tata caranya. Nah harapannya teman-teman komunitas ini, kami punya legitimasi dari organisasi dan hal-hal lainnya. Memang pesan Pak Ganjar tadi harus dirapikan, mulai peternakan sampai lainnya. Kami akan berupaya mewujudkan itu. Dan saya bahagia bisa ketemu Pak Ganjar,” ujar Fadli.

Sementara, Ganjar Pranowo tidak menyangka kalau Fadli yang terkenal dengan suara emasnya ternyata berkecimpung di hobi burung merpati.

“Tapi masih nyanyi kan mas? Saya khawatir, orang dulu kenalnya Fadli Padi, sekarang jadi Fadli Dara,” canda Ganjar.

Ganjar juga mengatakan suka dengan burung merpati. Dulu saat kecil di Purworejo, selalu bermain merpati bersama teman-temannya.

"Saya waktu SD juga suka bermain burung dara. Ternyata itu ada komunitasnya ya,” ujarnya.[]

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS