Pengelola Wisata Diminta Audit Semua Wahana, Bersiap Sambut Libur Lebaran

Sulistya - Sabtu, 08 April 2023 09:57 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memeriksa lokasi wisata di Tawangmangu. (dok/Humas Prov Jateng)

Karanganyar, Jatengaja.com – Menjelang libur Lebaran 1444 H pengelola wisata diminta bersiap menyambut pengunjung dengan memastikan semua wahan berfungsi baik dan aman digunakan.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengecek dua destinasi wisata yang diprediksi akan ramai dikunjungi masyarakat saat libur Lebaran. Dua lokasi yang dicek adalah Taman Balekambang dan Grojogan Sewu.

Gubernur mengecek kesiapan pengelola menyambut wisatawan saat libur lebaran dengan detail. Di Grojogan Sewu, gubernur melihat masih kurang fasilitas tempat sampah. Sehingga, pengunjung buang sampah sembarangan.

"Ini ditambah ya mas, biar pengunjung tidak buang sampah sembarangan. Terus diedukasi pengunjungnya juga," katanya.

Gubernur juga mengecek sejumlah wahana permainan, di antaranya tempat selfie dan permainan anak.

Pastikan Aman

"Saya ingatkan kepada semua pengelola pariwisata, tolong diaudit venue-venue di mana permainan itu sering dipakai. Umpama tempat-tempat selfie, pastikan kokoh. Lalu ada kayak flying fox begitu, diaudit dulu dan dipastikan aman. Jembatan-jembatan yang menyeberang sungai-sungai pastikan aman," tuturnya.

Menurutnya, hal itu penting agar para wisatawan bisa berlibur dengan tenang. Keamanan mereka terjamin karena venue sudah diaudit agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Jadi kepada semua pengelola wisata, saya minta semuanya siap. Audit sekarang dan pastikan aman. Sehingga nanti pada saat libur Lebaran, terus banyak yang piknik begitu mereka bisa aman,” ujarnya.

Menurut gubernur, kondisi jalan yang dilewati dari Solo menuju Tawangmangu cukup mulus. Tidak ada kerusakan jalan parah di jalur itu.

"Tadi kami ngecek ya, sepanjang jalan antara Solo sampai ke Tawangmangu, jalannya relatif bagus. Mudah-mudahan tidak ada cuaca ekstrem ya karena potensi longsor di sekitar Tawangmangu ini cukup tinggi," katanya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS