Pengamat Sebut Puan Maharani Punya Peluang Besar Diusung PDI Perjuangan pada Pilpres 2024

SetyoNt - Selasa, 10 Mei 2022 17:07 WIB
Masinton Nilai Puan Memenuhi Kriteria Jadi Pemimpin, Karena Telah Ditempa Sejak Remaja. (Jatengaja.com/Istimewa)

Bengkulu, Jatengaja.com - Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Surya Vandiantara menilai Ketua DPR RI, Puan Maharani mempunyai peluang besar diusung sebagai calon presiden atau pun calon wakil presiden oleh PDI Perjuangan pada Pilpres 2024.

Menurutnya, meski elektabilitas Puan dalam berbagai survei saat ini masih relatif rendah, namun akan naik apabila putri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri itu sudah resmi dicalonkan.

“Calon yang diusung PDI Perjuangan pada Pilpres 2024, baik sebagai capres maupun cawapres akan terkonversi dengan elekbilitas partai tersebut yang dikenal solid pada dukungan calon,” kata Surya dalam rilis, Selasa (10/5/2022).

Hal itu bisa terjadi lanjut Surya karena, PDI Perjuangan saat ini masih menjadi partai politik yang paling banyak dipilih oleh masyarakat.

Pemilih partai berlambang banteng moncong putih dalam lingkaran itu pun diyakini akan solid mendukung siapapun tokoh yang dicalonkan partai.

“Pada konteks inilah, Puan paling punya peluang untuk dicalonkan, baik dalam posisi calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) mendatang,” ujarnya.

Apalagi, imbuh Surya, fakta politik bahwa hanya PDI Perjuangan saja yang secara persyaratan bisa mengajukan pasangan calon di pilpres tanpa berkoalisi dengan partai lain, sehingga lebih leluasa untuk menentukan calon yang akan diusung.

"PDI Perjuangan tak perlu terjebak pada elektabilitas figur karena sebagai partai ideologis kepemimpinan nasional dituntun oleh garis perjuangan partai,” tandasnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS