Nama Unik Sejumlah Jalan Tol di Indonesia, Ada Bernama Cisumdawu

SetyoNt - Selasa, 10 Mei 2022 16:49 WIB
5 Deretan Nama Unik Jalan Tol Baru, Ada yang Tahu Arti Becak Kayu?/ Foto: Tangkapan layar

Jakarta, Jatengaja.com - Orang Indonesia memang kreatif untuk membuat istilah atau singkatan, sehingga sejumlah jalan tol di Taah Air memiliki nama singkatan unik yang akan membuat tersenyum bila membacanya, seperti jalan Tol Cisumdawu.

Jalan tol Cisumdawu ternyatakan singkatan dari Cileunyi-Sumedang-Dawuan, yaitu daerah yang dilalui jalan bebas hambatan yang menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka.

Tercatat hingga 2021 jalan tol di Indonesia yang sudah terhubung secara total sepanjang 2.489,2 km dan jalan tol lainnya yang masih terus dilakukan pembangunan untuk mempermudah konektivitas masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Berikut rangkum dari berbagai sumber sejumlha nama unik jalan tol yang baru diresmikan ataupun sedang dibangun di Indonesia.

1. Jalan Tol Cisumdawu

Jalan tol Cisumdawu ini memiliki panjang sekitar 62,60 kilo meter (km) yang menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka.

Nama Cisumdawu diambil dari singkatan Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang saat ini seksi I sepanjang 11,45 km sudah diresmikan pada 24 Januari 2022. Sedangkan seksi lainnya masih dalam tahap pembangunan dan pengerjaan.

2. Jalan Tol Japek II Selatan

Nama Jalan Tol Japek II Selatan berasal dari singkatan Jakarta-Cikampek yang juga bagian dari seksi 3 Tamanmekar-Sadang sepanjang 27,85 km.

Jalan tol ini sempat dioperasikan secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 lalu secara gratis. Hal itu dikarenakan pembangunan jalan tol ini belum selesai dan masih terus berlanjut.

3. Jalan Tol Bocimi

Nama Tol Bocimi merupakan singkatan dari Bogor-Ciawi-Sukabumi dengan panjang keseluruhan 53,6 km yang terbagi menjadi empat eksi.

Jalan Tol yang menghubungkan Bogor hingga Sukabumi ini sudah dioperasikan untuk umum seksi I Ciawi-Cigombong pada 2021. Sedangkan seksi II Cigombong-Cibadak masih dalam proses pengerjaan.

4. Jalan Tol Kapal Betung

Jalan Tol Kapal Betung merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumtra (JTTS) yang dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) (PTHK).

Kapal Betung sendiri berasal dari Kayu Agung-Palembang-Betung dengan memiliki panjang 111,6 km. Jalan Tol Kapal Betung sudah bisa digunakan untuk umum yakni seksi 1A Kayuagung-Jakabaring dan seksi 1B Jakabaring-Jalintim dengan total panjang 42,5 km.

Sedankgna, untuk seksi 2 Jalintim-Musi Landas dan seksi 3 Musi Landas-Betung ditargetkan selesai pada Agustus 2023.

5. Jalan Tol Becak Kayu

Jalan tol ini menjadi salah satu jalan tol yang cukup lama mangkrak dalam proses pembangunannya. Nama Tol Becak Kayu merupakan singkatan dari Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu. Saat ini pembangunan seksi 2A Bekasi Barat terus dilakukan dan ditargetkan selesai pada Juni 2022.

Demikian nama-nama jalan tol yang unik di Indonesia, yang nantinya masih memungkinkan bisa bertambah lagi. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Liza Zahara pada 10 May 2022

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS