Catat Ya, Bakal Digelar Festival Semarang 21-22 Januari Mendatang

SetyoNt - Kamis, 19 Januari 2023 16:52 WIB
Catat Ya, Bakal Digelar Festival Semarang 21-22 Januari Mendatang di Pasar Bulu kawasanan Tugu Muda (ilustrasi kawasan Tugu Muda/Internet)

Semarang, Jatengaja.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bakal menggelar Festival Semarang dalam rangka mengangkat beragam potensi dan kekayaan seni budaya yang dimiliki Kota Semarang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Wing Wiyarso menyatakan Festival Semarang akan menjadi wadah sekaligus ruang pamer bagi berbagai seni budaya, ekonomi kreatif, dan UMKM local.

“Saat ini sudah terdapat 20 tenant yang akan menyemarakkan Festival Semarang mulai dari produk lokal kriya, kuliner, fashion, lukisan hingga seni pertunjukan,” katanya dilansir dari semarangkota.go.id, Kamis (19/1).

Festival Semarang, lanjut Wing akan dilaksanakan selama dua hari Sabtu-Minggu 21- 22 Januari 2023 di mBulu Creative Hub (Pasar Bulu) kawasan Tugu Muda.

Acara ini grátis dan terbuka bagi masyarakat umum, dengan salah agenda adalah launching Semarang Rumah K(Ita).

Tak hanya seni pertunjukan, ada juga Wayang on the Street, pemutaran film sineas lokal, fashion show, musik keroncong hingga live musik selama dua hari berturut-turut.

Musik ambyaran bersama Hendra Kumbara digelar Sabtu (21/1) dan performa Roy Jeconiah (mantan vokalis grup band Boomerang) pada Minggu (22/1).

“Tak hanya launching Semarang Rumah Kita tapi juga launching kalender event Kota Semarang tahun 2023, logo HUT ke-476 Kota Semarang, dan pertunjukan para musisi lokal yang tergabung dalam Komunitas Suara Ratan. Komunitas ini menjadi wadah bagi musisi, seniman dan band indi, lokal dan jalanan untuk berekspresi,” ujar Wing.

Ke depan, lanjut Wing rencananya event Festivasl Semarang akan digelar secara rutin dengan terus melakukan evaluasi serta penyempurnaan acara dan sarana prasarana.

“Secara rutin, Festival Semarang ini diharapkan mampu membuka jalan berkembangnya budaya lokal dan potensi kreatif Kota Semarang yang patut dibanggakan,” tandasnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS