Parkir Elektronik Kota Semarang Terus Diperluas

Sulistya - Jumat, 25 Februari 2022 15:15 WIB
Juru parkir mendapat pelatihan cara menerapkan parkir elektronik. (Jatengaja.com/dok/semarangkota.go.id)

Semarang, Jatengaja.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang akan terus memperluas lokasi atau titik untuk ujicoba penerapan parkir elektronik.

Penerapan e-parkir di 10 titik dimulai pada 2 Februari 2022 lalu, di empat ruas jalan. Yaitu Jl MT Haryono mulai dari Simpang Pringgading- Jl Sidorejo, ruas Jl Agus Salim mulai dari Simpang Pekojan-Bubakan, Jl Wahid Hasyim mulai dari Simpang Kauman-Simpang Beteng, dan Jl Pekojan mulai dari Simpang Pekojan- Jl Inspeksi.

Kepala Dishub Kota Semarang, Endro P Martanto yang diwakili Kabid Parkir, Joko Santosa mengatakan, pihaknya akan menambah 41 titik ujicoba yang baru. Kebijakan akan dilakukan pada awal Maret mendatang.

Penerapan e-parkir di ruas Jalan MT Haryono, tepatnya mulai dari Perempatan Bangkong hingga Bundaran Bubakan.

"Rencananya akan ditambah 41 titik, yang sebelumnya hanya 10 titik di ruas jalan MT Haryono. Sehingga total terdapat 51 titik di ruas Jalan MT Haryono," kata Joko Santoso dalam rilisnya.

Dijelaskan, setelah ruas Jl MT Haryono, secara bertahap akan dilakukan penambahan titik di ruas Jl Agus Salim, ruas Jl Pekojan, dan ruas Jl Wahid Hasyim. Jika ujicoba berjalan baik, akan diteruskan lagi ke ruas jalan lainnya di Jl Depok, Jl Thamrin, dan Jl Gajahmada.

"Harapan kita, seluruh Kota Semarang bisa menggunakan e-parkir. Apalagi hasil evaluasi dan sambutan masyarakat selama ini yang cukup baik dengan adanya parkir elektronik ini," katanya.

Ditanya tentang kendala, Joko menuturkan masih sering ditemui belum semua orang memiliki dan menggunakan e-wallet.

"Untuk pembayaran digital, antisipasi kita petugas pendamping membawa wallet jika akan transaksi untuk sementara ini, kedepannya kami harapkan masyarakat bisa mempunyai e-wallet atau internet banking untuk memudahkan transaksi saat parkir di tepi jalan umum," tuturnya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS