Nana Sudjana Minta BNPB Kirimkan Helikopter Water Bombing Guna Padamkan Kebakaran TPA Jatibarang Semarng

SetyoNt - Senin, 09 Oktober 2023 20:57 WIB
Nana Sudjana Minta BNPB Kirimkan Helikopter Water Bombing Guna Padamkan Kebakaran TPA Jatibarang Semarang (Jatengaja.com/dok. semarangkota.go.id)

Semarang, Jatengaja.com - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana meminta bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk (BNPB) mengirimkan helikopter yang berisi water bombing guna mempercepat pemadaman kebakaran TPA Jatibarang, Kota Semarang.

“Kendala pemadam api yakni akses masuk ke tempat lokasi kebakaran, sehingga kita harus menggunakan heli water bombing. Saya sudah minta BNPB kirimkan halikopter,” katanya saat meninjau pemadaman TPA Jatibarang, Semarang, Minggu malam 8 Oktober 2023.

Helikopter yang bersisi water bombing itu rencananya akan tiba di Kota Semarang pada Senin 9 Oktober 2023 dan pemadaman dimulai pada Selasa 10 Oktober 2023.

Lebih lanjut Nana mengatakan, area yang terbakar cukup luas yakni sekira lima hektare meliputi tiga hektar di zona 3 dan dua hektare di zona.

Untuk pemadakan di Tempatan Pembuangan Akhir (TPA) sampah Jatibarang telah dikerahkan sebanyak 150-200 personel dari unsur pemadam kebakaran, BPBD, TNI/ Polri dan relawan yang bekerja 24 jam setiap hari.

Di sekitar lokasi kebakaran, dapur umum juga disiapkan untuk mememuhi kebutuhan logistik petugas. Truk tanki air juga disiapkan di lokasi. Saat ini api sudah mulai mengecil dan asap juga sudah sangat berkurang.

"Langkah-langkah pemadaman sudah berjalan. Api sudah mulai mengecil walaupun titik-titiknya masih cukup banyak,” ujar mantan Kapolda Metro Jaya DKi Jakarta ini.

Terkait kerugian materi, Nana menyebut terjadinya kebakaran TPA membuat tiga anak sapi mati. Pihaknya akan membicarakan mengenai bantuan yang bisa diberikan kepada peternak, dengan Pemerintah Kota Semarang.

Sebagaimana diketahui, TPA Jatibarang kembali terbakar pada Jumat, 6 Oktober 2023 yang menimbulkan asap tebal sampai ke pemukiman warga sekitar. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS