7 Makanan Sehat untuk Otak

Sulistya - Minggu, 08 Oktober 2023 20:51 WIB
null

Jakarta, Jatengaja.com - Otak merupakan organ paling penting dalam tubuh manusia. Otak memainkan peran utama dalam berbagai fungsi, termasuk berpikir, mengingat, dan mengambil keputusan.

Untuk menjaga otak tetap sehat dan berfungsi optimal salah satunya adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat melalui makanan yang sehat.

Melansir Dr Axe, makanan yang baik untuk otak adalah yang mengandung banyak antioksidan, lemak baik, vitamin, mineral. Kandungan tersebut nantinya akan memberi otak energi dan membantu melindungi sel-sel otak.

Lalu apa saja makanan terbaik untuk otak? Berikut adalah rekomendasi makanan-makanan yang dipercaya baik untuk otak dan membantu mencegah penurunan kognitif karena penuaan.

1. Buah Alpukat

Meski memiliki kandungan lemak tinggi, buah alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk kesehatan kognitif dan mampu mengatur gula darah. Alpukat juga mengandung vitamin K dan folat yang mencegah pembekuan darah di otak serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

2. Bit

Bit merupakan umbi-umbian dan salah satu makanan paling bergizi untuk otak. Bit dipercaya mampu membantu mengurangi peradangan, kaya akan antioksidan yang melindungi dari kanker, dan membantu membuang racun dalam darah. Nitrat alami dalam bit juga mampu meningkatkan aliran darah ke otak.

3. Kaldu tulang

Kaldu tulang adalah makanan yang sangat efektif dalam membantu memulihkan kesehatan usus dan otak. Kaldu ini memiliki berbagai manfaat, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi masalah usus bocor, meningkatkan kesehatan sendi, dan mengelola alergi makanan.

Kandungan tinggi kolagen dalam kaldu juga dapat membantu mengurangi peradangan pada usus, sementara asam amino seperti prolin dan glisin membantu menjaga fungsi sistem kekebalan dan memori.

4. Brokoli

Brokoli adalah salah satu makanan terbaik untuk menutrisi otak karena kandungan vitamin K dan kolin yang tinggi. Kandungan tersebut mampu membantu menjaga daya ingat agar tetap tajam. Brokoli juga kaya akan vitamin C serta mengandung sejumlah fitonutrien yang melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif.

5. Kacang Kenari

Kacang kenari memiliki kandungan yang tinggi akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Kandungan tersebut mampu menjaga otak dan juga dipercaya dapat menjaga kesehatan mental. Vitamin E yang ditemukan dalam kacang juga dapat membantu melindungi sel-sel otak dan menangkal penyakit Alzheimer.

6. Kuning telur

Kuning telur mengandung kolin dalam jumlah besar yang membantu perkembangan otak janin bagi ibu hamil. Kuning telur juga dapat membantu memecah betana yang merupakan senyawa yang menghasilkan hormon yang berhubungan dengan perasaan sejahtera.

Bagi yang takut akan masalah kolesterol, sebuah studi menunjukkan bahwa makan telur biasanya tidak berpengaruh pada kadar kolesterol orang dewasa yang sehat dan malah dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Telur juga menjadi salah satu sumber protein paling murah yang dapat dibeli oleh siapapun.

7. Kunyit

Kunyit sebenarnya merupakan salah satu zat anti inflamasi yang paling kuat dan alami. Kunyit juga dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat, sekaligus meningkatkan asupan oksigen otak.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, Anda perlu menjaga pola makan agar tetap sehat. Pasalnya, pola makan yang buruk dapat menyebabkan tubuh kita melepaskan lebih banyak sitokin inflamasi, yang menurut penelitian dapat berkontribusi terhadap peradangan yang dapat merusak otak. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 07 Oct 2023

Editor: Sulistya

RELATED NEWS