Luar Biasa, Mahasiswa Sekolah Vokasi Undip Wahyu Hidayat Kantongi 7 HAKI

SetyoNt - Jumat, 28 Juni 2024 22:15 WIB
Luar Biasa, Mahasiswa Sekolah Vokasi Undip Wahyu Hidayat Kantongi 7 HAKI (Jatengaja.com/do. Humas Undip)

Semarang, Jatengaja.com - Mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (SV Undip) Semarang, Wahyu Hidayat patut diacungi jempol atas prestasi luar biasa yang diraihnya.

Juara juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Program Vokasi Tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 6 Jawa Tengah 2024 mengantongi tujuh Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Tujuh HAKI yang dimiliki mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri melalui jalur ujian mandiri antara lain bernomor EC002023102917 berjudul “Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat 2023.”

Nomor EC00202425506 berjudul, “Ekstraksi Daun Pare (Momordica Charantia L) dengan Metode Refluks sebagai Pemberi Kandungan Saponin Alami dalam Pembuatan Sabun Cuci Piring”

Selain itu juga nomor EC00202430271 berjudul “Vetchurroz (Vegetable and Fruit Churros)”; EC00202430158 dengan judul “Penggunaan Vacuum Frying Dan Oil Spinner (Pembuatan Keripik Buah dengan Metode Hampa Udara dan Penurunan Kandungan Minyak Pada Keripik Buah)”.

Selanjutnya HAKI dengan nomor EC00202430164 berjudul Pembuatan Minyak Atsiri Daun Jeruk (Pemanfaatan Daun Jeruk Purut Sebagai Bahan Pembuatan Minyak Atsiri)”; EC00202430184 dengan judul “EPSCO (Eco Program Social Community) Sebagai Wujud Kepedulian Terhadap Limbah Sayur dan Buah di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali“ dan EC00202441188 berjudul MOMO-DISHSOAP : Ekstraksi Daun Pare (Momordica Charantia L) melalui Metode Refluks sebagai Alternatif Saponin pada Sabun Cuci Piring dan Olah Data Metode RSM (Response Surface Methodology).

Rofik mengungkapkan prestasi yang diraihnya merupakan hasil dari dedikasi dan kerja keras dalam bidang akademik serta keterlibatan aktif dalam berbagai kegiatan dan organisasi.

“Ini menjadi motivasi saya untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” katanya.

Sebelumnya Rofik juga pernah terpilih sebagai salah satu mahasiswa UNDIP yang memperoleh Beasiswa Pemerintah Jepang untuk mengikuti Sakura Science Programe 2023 di National Institute of Technology, Akashi College, Jepang pada 13-22 September 2023.

Rofik juga lolos Pendanaan P2MD (Program Pemberdayaan Masyarakat Desa) bersama Tim P2MD FKMI SV 2023 dan lolos Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa-Gagasan Futuristik Tertulis bersama Tim PKM TRKI Undip.

Menurut Rofik, capaian prestasi ini menjadi pendorong untuk terus mengembangkan diri dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam bidang teknologi rekayasa kimia industri.

“Pendidikan bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan, tetapi juga tentang mengembangkan cara berpikir kritis, memecahkan masalah, dan membangun karakter yang kuat,” ujarnya.

Selain pendidikan formal, imbuh Rofik, berorganisasi juga memiliki peran yang sangat penting. “Dengan terlibat dalam organisasi, menjadikan belajar bekerja dalam tim, mengasah kemampuan kepemimpinan, dan mengembangkan jaringan sosial yang luas.

“Pengalaman berorganisasi mengajarkan tentang tanggung jawab, disiplin, dan bagaimana mengelola waktu dengan efektif,” tambah Rofik.

Kombinasi antara pendidikan yang kuat dan pengalaman berorganisasi, imbuh Rofik akan membuat lebih siap menghadapi dunia yang terus berubah.

“Education is not preparation for life; education is life itself mengutip dari John Dewey,” katanya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS