Logistik untuk 22 Ribu Warga Terdampak Rob Aman

Sulistya - Selasa, 24 Mei 2022 18:57 WIB
Sukarelawan menyiapkan bantuan logistik untuk warga terdampak rob di Sayung, Demak, Jawa Tengah. (dok/Humas Pemprov Jateng)

Demak, Jatengaja.com – Data Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, terdapat 22 ribu warga terdampak banjir rob di Kota Semarang dan Kabupaten Demak. Atas hal tersebut, Dinas Sosial Jateng bersama BPBD Jateng memastikan logistik untuk warga terdampak rob aman.

Kepala Dinas Sosial Jateng, Harso Susilo mengatakan, pihaknya memastikan logistik untuk warga terdampak banjir di wilayah Pantura Jateng dalam kondisi aman.

"Iya (pastikan stok logistik aman-Red). Tidak hanya makanan tapi ada selimut, nanti ada popok. Kita dorong itu juga," kata Harso ditemui tengah meninjau dapur umum di Puskesmas Sayung 1 Kabupaten Demak, Selasa (24/5/2022).

Pihaknya juga menyiapkan peralatan mandiri warga serta peralatan dapur untuk warga terdampak. Juga telah mengantisipasi kurangnya logistik dengan mengoptimalkan bantuan yang ada seperti dari Kemensos.

Adapun logistik yang ada saat ini akan bisa mencukupi kebutuhan warga setidaknya hingga lima hari ke depan. Dinsos juga akan memantau persediaan logistik selama jam.

"Warga terdampak banyak. Sini (Demak) 10 ribu, Kota Semarang 12 ribu orang," tuturnya.

Dinsos juga menyediakan konsumsi nasi bungkus untuk warga terdampak. Penyaluran konsumsi tersebut dilakukan tiga kali sehari. Untuk siang ini tersalurkan hampir 1.200 nasi bungkus kepada korban terdampak banjir di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jateng, Selasa (24/5/2022).

Mereka membagikan logistik dibantu oleh pihak Taruna Siaga Bencana setempat, Pramuka Peduli, Puskesmas Sayung 1, sukarelawan Kalijogo Jip Community, dan lainnya.

Pantauan di lokasi, tim pembagi logistik menyusuri Desa Sriwulan untuk membagikan nasi bungkus kepada warga yang memilih bertahan di rumah untuk menjaga barangnya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS