Kuliner Lokal Sate Khas Kebumen Tembus Pasar Luar Negeri

SetyoNt - Sabtu, 29 Oktober 2022 17:10 WIB
Kuliner Lokal Sate Khas Kebumen Tembus Pasar Luar Negeri (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Kebumen, Jatengaja.com – Kuliner lokal Sate Ambal khas Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah mampu menembus pasar luar negeri.

Menurut pemilik produk Sate Ambal Kebumen Allisha Food, Titin Agustinah menerima pesanan dari pembeli dari luar negeri seperti dari Hongkong, Belgia, dan Jepang, Malaysia. Hongkong, Singapura, dan Taiwan.

“Alhamdulillah mendapat pesanan baru dari pembeli di Belgia dan Jepang,” katanya kepada wartawan, Sabtu (29/10).

Perempuan warga Desa Tambakrejo RT 01/RW 03, Kecamatan Bulupesantren, Kebumen lebih lanjut menyatakan pembeli dari luar negeri didapatkan setelah mengikuti Lapak Ganjar.

Titin tak menyangka akan direpost di media sosial Instagram @Lapak Ganjar dan akun @ganjar_pranowo.

Awalnya follow akun Lapak Ganjar dan pak Ganjar (@ganjar_pranowo) saat itu menemukan edisi spesial sate.

“Kami mengikuti program tersebut. Alhamdulillah direpost Lapak Ganjar dan pak Ganjar. Setelah direpost berpengaruh pada penjualan semakin luas, sampai ke luar negeri,” ujarnya.

Penjualan Sate Ambal Kebumen, lanjut Titin juga mengalami peningkatan 40 pack setiap hari sejak direpost oleh Lapak Ganjar.

Dengan meningkatnya penjualan,juga bisa menambah lapangan kerja di sekitar lingkungan dengan memberdayakan ibu rumah tangga di lingkungan untuk bekerja.

“Total karyawan saat ini sekitar 13 orang. Ibu-ibu sini yang kerja sudah ada yang tiga sampai lima tahun sudah kami gaji dengan UMR Kabupaten Kebumen,” jelasnya.

Karena banyak manfaatnya dari Lapak Ganjar, Titin pun mengajak UMKM lain untuk mengikuti program tersebut biar usaha kian berkembang. “Terima kasih kepada gubernur yang telah membantu promosi usaha saya,” tandasnya.

Titin menambahkan sate ambal merupakan sate khas Kebumen yang dibuat dari daging ayam pilihan dan menggunakan sambal tempe sebagai pelengkapnya.

Sate ambal itu dikemas dengan cara marinasi, serta pembakaran menggunakan arang batik. Sebab selain memberikan cita rasa juga sebagai pengawet alami.

Kemasan sate ambal menggunakan aluminium foil empat layer dengan proses suhu tinggi. Produk sate ambal juga telah berhasil teruji secara laboratorium dan secara klinis.

Produ Sate Ambal Kebumen mempunyai daya tahan simpan hingga di atas enam bulan atau tepatnya 412 hari. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS