Kota Semarang Segera Miliki Jembatan Kaca

Sulistya - Kamis, 10 Maret 2022 07:07 WIB
Pemerintah Kota Semarang akan melanjutkan pembangujnan jembatan kaca di Tinjomoyo. (dok/semarangkota.go.id)

Semarang, Jatengaja.comKota Semarang akan segera memiliki jembatan kaca di Kawasan Tinjomoyo. Jembatan kaca seharusnya sudah terwujud pada 2021 lalu, namun gagal terealisasi karena kontraktor gagal menyelesaikan pekerjaan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Sih Rianung mengatakan, proyek jembatan kaca Tinjomoyo tertunda karena pihak kontraktor gagal menyelesaikan proyek yang seharusnya selesai pada tahun 2021.

"Pembangunan Jembatan Kaca Tinjomoyo sesuai arahan Pak Wali, kita lanjutkan tahun ini. Kontraktor yang lama kita blacklist," kata Rianung dalam keterangan persnya.

Dikatakan, kontrak kerja proyek jembatan kaca seharusnya selesai pada 27 Desember 2021. Namun ternyata hingga tanggal tersebut, progres pekerjaan baru 2,91 persen. Akibatnya, pihak kontraktor terkena sanksi berupa surat peringatan hingga akhirnya diblacklist oleh Pemkot Semarang.

"Putus kontrak tersebut otomatis diikuti sanksi berupa blacklist bagi rekanan sesuai dengan tahapannya," tuturnya.

Selain jembatan kaca, pembangunan Jalan Sriwijaya juga bakal dilanjutkan dengan sistem swakelola. Rencananya, pada 2022 ini, Bundaran Taman Singosari akan dibuat simpanglima kedua. Saat ini, DPU tengah menghitung biaya yang dibutuhkan untuk penyempurnaan kawasan Sriwijaya dengan sistem swakelola.

"Kami upayakan sedikit demi sedikit dengan swakelola. Yang lelang pengadaan barangnya, tenaga dari DPU. Tahun ini, kami menyempurnakan Simpanglima kedua di Singosari," katanya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS