Kontingen Jateng Juara Umum PeSOnas 2022, Raih 36 Emas, 30 Perak, dan 22 Perunggu

SetyoNt - Jumat, 08 Juli 2022 14:19 WIB
Kontingen Jateng Juara Umum PeSOnas 2022, Raih 36 Emas, 30 Perak, dan 22 Perunggu

Semarang, Jatengaja.com - Meraih 36 medali emas, kontingen Jawa Tengah (Jateng) menjadi juara umum pada ajang Pekan Special Olympics Nasional (PeSOnas) 2022 di Kota Semarang.

Selain meraih 36 medali emas, para atlet difabel Jateng tersebut juga meraih sebanyak 30 perak dan 22 perunggu.

Kaluar sebagai juara umum kedua kontingen Jawa Barat dengan perolehan 27 emas, 10 perak dan 24 perunggu, dan juara umum ketiga Kalimantan Selatan dengan perolehan 18 emas, 8 perak dan 8 perunggu.

Pengumuman kontingen difabel Jateng keluar sebagai juara umum disampaikan pada penutupan ajang PeSOnas 2022 di Holy Stadium Kota Semarang, Kamis 7 Juli 2022 malam.

Penutupan ajang PeSOnas dihadiri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo bersama istri Siti Atikoh serta tamu undangan lainnya.

“Saya terharu tapi sekaligus bangga karena bisa merasakan ghiroh dan semangat perjuangan dari anak-anak kita yang bertalenta khusus ini. Mereka semua hebat," kata Ganjar.

Medali, menurut Ganjar bukanlah hal yang utama dalam perhelatan PeSOnas, tapi memberikan ruang bagi mereka para atlet berkebutuhan khusus untuk berekspresi, berkumpul dan bertemu sekaligus menunjukkan talentanya adalah hal yang utama.

“Saya terima kasih, karena panitia memberikan medali pada semua atlet, sehingga mereka punya rasa kebanggaan luar biasa dan hari ini mereka bisa bertemu dengan teman-teman seluruh Indonesia,” ujarnya.

Pelatih asal Kalimantan Selatan, Armawi mengatakan, event PeSOnas 2022 di Semarang ini berjalan dengan lancar dan sukses.

“Kami juga sangat mengapresiasi Gubernur Jawa Tengah, Pak Ganjar yang sudah memberikan dukungan langsung kepada kami dan atlet. Itu sangat berarti karena memberikan motivasi pada anak-anak kami yang bertanding,” katanya.

Ajang Pekan Special Olympics Nasional (PeSOnas) 2022 yang berlangsung 3-8 Juli 2022 di Semarang, diikuti 1.118 atlet dari 21 provinsi di Indonesia.

Pada PeSOnas 2022 dipertandingkan 12 cabang olahraga antara lain renang, bulu tangkis, bola tangan, bola basket, senam ritmik, tenis meja, sepak bola, futsal, boccee, bola voli, atletik, dan tari olahraga. (-)

.

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS