Ingat, Underpass Makamhaji Ditutup Total ya..

Sulistya - Rabu, 23 Februari 2022 18:37 WIB
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani meninjau underpass Makamhaji yang tengah diperbaiki. (Jatengaja.com/dok/jatengprov.go.id)

Sukoharjo, Jatengaja.com – Anda yang ingin bepergian menuju ke Kota Surakarta maupun Sukoharjo dan melintasi underpass Makamhaji di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, perlu diketahui underpass sedang ditutup total.

Ini karena underpass Makamhaji, yang mengalami kerusakan sedang dalam masa perbaikan, mulai 21 Februari hingga 7 Maret 2022. Selama perbaikan tersebut, underpass ditutup total.

“Saya berharap perbaikannya bisa permanen, sehingga underpass tidak mudah rusak, utamanya saat musim hujan,” ujar Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dalam keterangan persnya, saat meninjau underpass.

Dijelaskan, perbaikan dilakukan di bagian grill yang selama ini tidak kuat menahan tonase kendaraan yang lewat sehingga mudah rusak. Grill menjadi perhatian dengan opsi dilakukan pengecoran 20 cm. Dengan penggantian grill menjadi cor diharapkan underpass semakin kuat dan tidak mudah rusak.

Nantinya akan dilakukan pengaturan lalu lintas, utamanya kendaraan bertonase besar direncanakan tidak boleh masuk underpass.

“Jadi ada pengalihan arus lalu lintas untuk kendaraan bertonase besar agar tidak melewati underpass,” ujarnya.

Adapun masalah air yang sering menggenang, menurut penjelasan dari Balai Perkeretaapian diperkirakan tidak akan terulang. Hal itu karena di underpass sudah ada enam pompa air sehingga diharapkan tidak ada genangan kembali saat musim hujan.

Kepala Dinas Perhubungan Sukoharjo, Toni Sribuntoro mengatakan, akses ke Underpass Makamhaji ditutup total selama perbaikan dilakukan. Saat ini Dishub sudah memasang rambu-rambu penunjuk arah di sejumlah persimpangan menuju underpass. Penutupan underpass mulai 21 Februari hingga 7 Maret 2022. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS