Hendi Optimistis Pelayanan Publik di Kota Semarang Semakin Mudah

Sulistya - Kamis, 22 September 2022 17:58 WIB
Wali Kota Semarang, Hendrar Prohadi melakukan kunjungan ke MPP Kota Semarang di wilayah Mangkang.

Semarang, Jatengaja.com – Pemerintah Kota Semarang telah mengoperasikan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Mangkang. Tujuan pembangunan MPP untuk memusatkan urusan perizinan dan pelayanan lainnya dalam satu lokasi.

Wali Kota Hendrar Prihadi menyebut, jika kehadiran MPP akan memudahkan masyarakat dan membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien. Konsep MPP tidak hanya menyatukan layanan secara fisik, tetapi juga secara sistem.

Dengan adanya MPP, Hendi, sapaan akrab wali kota, optimistis jika pelayanan publik di Kota Semarang dapat terus semakin dirancang lebih mudah, dan tidak menimbulkan keengganan di masyarakat.

"Pelayanan publik masyarakat sering dianggap ribet dan berbelit-belit, kemudian mata rantai yang panjang kita coba terus pangkas, sehingga lebih praktis. Dan hari ini kita buat lebih praktis lagi melalui pembukaan Mall Pelayanan Publik," kata Hendi dalam siaran persnya usai inspkesi mendadak MPP Kota Semarang di wilayah Mangkang.

Hendi dating ingin memastikan kesiapan Pemerintah Kota Semarang dalam melaksanakan kegiatan pelayanan di tempat baru yang menjadi satu dengan Terminal Mangkang Semarang tersebut. Dirinya berharap kehadiran dapat memotivasi jajarannya untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik bagi masyarakat.

"Beberapa OPD sudah pindah kantor ke bangunan MPP ini. Alhamdulillah tadi saya cek berangkatnya lebih awal, tidak ada yang terlambat. Jika konsisten seperti ini terus, kita optimis kualitas pelayanan masyarakat kita akan meningkat," katanya.

Dikatakan, ada pegawai yang berangkat dari rumah jam 7, bahkan jam 6. Kemudian ke kantor naik BRT.

“Ya semoga ini juga menjadi contoh yang baik membiasakan diri menggunakan transportasi umum untuk mengurangi kemacetan," ujarnya.

Jenis Layanan

Nantinya akan ada 225 jenis layanan dari 15 OPD Kota Semarang yang bergabung di MPP yakni DPMPTSP, DLH, Diskominfo, Distaru, Disdukcapil, Dishub, Dinkes, DPU, Bapenda, BPKAD, Dinas Perdagangan, Disnaker, Dinas Perindustrian, Dinas Arpus, dan Disbudpar.

termasuk di dalamnya 38 jenis layanan instansi di luar Pemerintah kota Semarang seperti DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah, ATR/BPN, Kantor Samsat, Kantor Imigrasi, KPP Pratama, Polrestabes, Kemenkumham Divisi Pelayanan, BP3TKI Semarang, Bank Jateng, BPJS Kesehatan, BPOM, Bea Cukai, PDAM, BPJS.

Hendi berharap adanya MPP juga akan menarik pengunjung yang lebih banyak ke Terminal Mangkang. Dengan begitu, muncul peluang usaha untuk menggerakkan roda perekonomian agar kembali bangkit di era pasca pandemi.

“MPP juga akan dilengkapi sarana dan prasarana pelayanan publik yang sesuai standar. Ada mesin antrian, CCTV, area bermain anak, Wifi, ruang tunggu yang nyaman, jalur dan lift khusus difabel. Jadi kami upayakan MPP ini inklusif, nyaman untuk segala kalangan dan usia," tuturnya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS