Gubernur Ganjar Lepas Ekspor Produk Unggulan Jateng Ke-14 Negara Senilai Rp343 Miliar

SetyoNt - Jumat, 24 Desember 2021 22:26 WIB
Gubernur Jawa tengah, Ganjar Pranowo saat melepas ekspor produk Jateng beberapa waktu lalu. (Ilustras/dok. Humas Pemprov Jateng)

Salatiga, Jatengaja. com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo melepas ekspor beragam produk unggulan provinsi ini ke sejumlah negara dengan nilai sebesar Rp343 miliar.

“Ini bagian dari semangat, bahwa di akhir tahun kita tidak mlempem, tetap mencari solusi agar kita bisa eksis dalam berdagang," katanya saat melepasan ekspor di PT Selalu Cinta Indonesia (SCI) Kota Salatiga, Kamis (23/12).

Tercatat ada sebanyak 14 perusahaan yang ikut andil dalam pengiriman ekspor itu, dengan produk unggulan seperti furniture, briket, makanan olahan, gula kelapa, alas kaki dan pipa.

Sedangkan negara tujuan adalah Amerika Serikat, Belanda, Spanyol, jerman, Vietnam, Arab Saudi, Hungaria, India, Belgia, Polandia, Kanada, Italia dan Singapura.

Lebih lanjut, Ganjar mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang mendukung kelancaran ekspor produk-produk unggulan Jateng ke berbagai negara.

Ganjar juga meminta agar semua perusahaan dan eksportir Jateng tetap semangat dan tidak putus asa. Meski masih ada kendala kesulitan kontainer, karena banyak pelabuhan di dunia yang belum membuka.

“Kita akan carikan solusinya, agar mereka bisa tetap menjalankan roda ekonomi,” tandasnya.

Kondisi pandemi Covid-19 saat ini sudah mulai membaik, lanjut Ganjar, diharapkan dapat meningkatkan kegiatan ekspor untuk kebangkitan ekonomi Jateng.

“Saya terima kasih karena Jateng dipercaya, perusahaan-perisahaan tetap aksis dan menjaga harmoni. Hubungan industrial yang baik, iklim investasi yang kondusif membuat semua jadi nyaman. Mari kita jaga, karena kalau iklimnya ruwet dan tabrakan terus, pasti suasana menjadi kurang baik,” katanya.

Sementara, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Veri Anggriono Sutiarto mengatakan, pihaknya melakukan secara rutin kegiatan ekspor akhir tahun.

Menurut Veri, kinerja ekspor khususnya dari Jateng sangat mendukung neraca perdagangan nasional.

"Kami terima kasih pada Pak Gubernur Jateng dan seluruh jajaran, para eksportir, dan bupati/wali kota sehingga nilai ekspor Jateng selalu tinggi dan mendukung kinerja neraca perdagangan nasional,” ujarnya.(-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS